search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Longsor Tutup Saluran Subak di Tampaksiring, Pembersihan Material 2,5 Jam
Sabtu, 17 Desember 2022, 13:47 WITA Follow
image

beritabali/ist/Longsor Tutup Saluran Subak di Tampaksiring, Pembersihan Material 2,5 Jam.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Terowongan irigasi Subak Padang Sigi di Banjar Semuwuk, Desa Pejeng Kaja, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar kembali tertutup longsor. Untuk mengatasi kekeringan di lahan pertanian, maka petugas BPBD Gianyar turun membersihkan material longsor, Sabtu (17/12).

Pembersihan material longsor itu berlangsung pukul 07.30. Petugas BPBD bersama warga berusaha menangani material longsor yang menutup terowongan saluran irigasi. Ketebalan longsor itu kurang lebih 4 meter.

Dengan keterampilan khusus, petugas menyemprotkan material yang menimbun menggunakan air. Tanah yang menimbun itu disemprotkan air. Kemudian, perlahan petugas mencangkul. 

Akhirnya, setelah terowongan kembali terbuka, Krama subak yang ikut terlibat dalam membantu pembersihan ramai-ramai mendorong material tanah ke hilir sungai.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar, Gusti Ngurah Dibya Presasta seizin Kalak BPBD Ida Bagus Putu Suamba membenarkan aksi nyata BPBD di tengah masyarakat itu. “Penyebab kejadian karena kondisi tanah labil,” ujar dia.

Akhirnya, upaya membuka saluran yang tersumbat itu rampung pukul 10.00 Wita. “Tanah Longsor sudah dapat ditangani dan dibersihkan. Demikian yg dapat kami laporkan, Anggota dan armada kembali Ke Posko,” tutupnya. 

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami