search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kaisar Jepang Pidato Tahun Baru di Depan Ribuan Warga Saat Covid Naik
Senin, 2 Januari 2023, 14:47 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Kaisar Jepang Pidato Tahun Baru di Depan Ribuan Warga Saat Covid Naik

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Kaisar Jepang Naruhito muncul dan pidato di depan publik pertama sejak tiga tahun lalu untuk menyambut Tahun Baru 2023, Senin (2/1).

Pidato ini berlangsung di hadapan 1.500 orang di Istana Tokyo saat kasus Covid-19 di negara itu melonjak. Kaisar dan Permaisuri Jepang dijadwalkan tampil enam kali sepanjang hari di balkon istana yang tertutup kaca.

Mereka juga ditemani Putri Aiko dan ayah Naruhito, Akihito serta istrinya Michiko. Kaisar mengungkapkan harapan dan kebahagiaan bagi semua.

"Saya betul-betul bahagia bahwa saya bisa merayakan tahun baru bersama dengan Anda semua setelah tiga tahun," ujar Naruhito pada Senin, seperti dikutip AFP.

Ia kemudian berujar, "Saat kita berdiri memulai tahun ini, saya berharap kebahagiaan bagi orang-orang di seluruh negara ini dan di dunia."

Dalam sambutan tahun baru kali ini, warga yang hadir tak sebanyak tahun-tahun sebelumnya. Pihak berwenang membatasi jumlah pengunjung untuk mencegah penyebaran virus corona.

Belakangan, Jepang kembali mengalami lonjakan kasus Covid-19. Pada 31 Desember kasus harian di Negeri Sakura tercatat 107.465 kasus.

Dalam sepekan terakhir di Desember, Jepang melaporkan rata-rata kasus hingga 156.542.

Pidato Naruhito soal tahun baru biasanya dihadiri banyak warga Jepang. Sebelum pandemi melanda negara ini, tepatnya pada 2020, sekitar 70.000 orang datang melihat pidato Sang Kaisar.

Kemudian pada tahun baru 2021 dan 2022 Istana membatalkan acara tersebut demi mengurangi penyebaran Covid-19.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami