search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jadi Perdebatan di Twitter, Begini Cara Membaca QRIS yang Benar
Jumat, 3 Februari 2023, 22:18 WITA Follow
image

bbn/qris.id/Jadi Perdebatan di Twitter, Begini Cara Membaca QRIS yang Benar

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Istilah QRIS sebagai sistem pembayaran terpadu melalui scan barcode kerap kali menjadi perdebatan publik terkait dengan cara membacanya. Sebagian orang ada yang menyebutnya Kyuris, ada juga yang Kris, hingga Kiris. 

Perdebatan tersebut ramai bergejolak di Twitter hingga membuat publik turut mengutarakan pendapatnya terkait dengan hal tersebut.

Menanggapi adanya perdebatan tersebut, Bank Indonesia melalui akun resmi Instagram @bank_indonesia memberikan contoh penerapan dalam membaca QRIS yang benar dalam sebuah tayangan video pendek.

“Nah, #SobatRupiah tim yang mana nih, Kris atau Kyuris? Biar gak menimbulkan perdebatan gara-gara beda aliran soal penyebutan, ditonton dulu videonya, lalu coba ucapkan kata-kata ini #PakaiQRIS,” demikian keterangan dari Bank Indonesia dalam video yang diunggah pada Sabtu (28/1/2023) itu.

Diketahui, QRIS sendiri merupakan singkatan dari Quick Responses Code Indonesian Standar yang dikenal sebagai sistem pembacaan menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia, agar memudahkan transaksi dengan cepat, mudah, dan juga aman.

Diketahui, dalam video tersebut, tampak sejumlah orang tengah melakukan kegiatan perbelanjaan yang melakukan scan QR pembayaran melalui QRIS.

Adegan video tersebut lantas dilanjutkan dengan jawaban beberapa orang terkait cara membaca QRIS menurut pendapat pribadi mereka masing-masing yang beragam dan kebanyakan orang menjawab Kyuris.

Kemudian, beberapa tangkapan layar warganet Twitter yang bingung dan bertanya-tanya tentang bagaimana cara membaca QRIS juga ditampilkan dalam video tersebut.

Rekaman video kemudian dilanjutkan dengan menampilkan sejumlah pegawai Bank Indonesia yang meluruskan tentang cara membaca QRIS.

“Itu bacanya Kris,” ungkap salah satu pegawai yang kemudian dilanjutkan oleh beberapa pegawai lain dengan jawaban sama.

Lebih lanjut, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menegaskan cara membaca QRIS yang benar adalah Kris dan bukan Kyuris.

“Tinggal scan aja Kris, bukan Kyuris lho. Ingat Kris, bukan Kyuris,” tegas Gubernur BI.

Meskipun telah mendapatkan penjelasan dari Bank Indonesia terkait dengan cara membaca QRIS yang benar, beberapa warganet memberikan komentar pada unggahan tersebut.

Mereka merasa bahwa Kris lebih terdengar seperti memanggil orang daripada menyebut layanan pembayaran terpadu tersebut.

Suara.com - Seperti halnya yang dilakukan oleh seorang YouTuber Nessie Judge. Dalam akun Twitter, Nessie Judge mengunggah sebuah cuitan terkait dengan penyebut QRIS.

“IT’S QYURIS NOT KRIS, i’m so sorry bapak-bapak, it’s English, u set this up yourselves hahaha,” tulisnya di Twitter pada hari Kamis (02/02/23).

“Kadang mba kasir ga ngerti kris pak .. wkwk pas dibilang kyuris ngerti,” komentar warganet lainnya.

“Waktu belanja di Indomaret bilang mau bayar pake 'kris' trs di benerin sama bpk² di belakang 'kyuris mas' bilangin ke mas mas kasir nya, padahal udah bener tapi yaudahlah ya,” ungkap salah seorang warganet.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami