search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Penonton WSBK Mandalika Disarankan Pakai Motor dan Bawa Jas Hujan
Kamis, 2 Maret 2023, 21:15 WITA Follow
image

beritabali/ist/Penonton WSBK Mandalika Disarankan Pakai Motor dan Bawa Jas Hujan.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NTB.

Demi kelancaran lalu lintas, penonton World Super Bike (WSBK) pada 3-5 Maret 2023 yang menuju Sirkuit Mandalika diimbau menggunakan sepeda motor. Selain itu para penonton juga diminta mempersiapkan jas hujan dan jaket, agar kondisi tubuh tetap terjaga dalam cuaca hujan. 

“Kami berharap masyarakat untuk menggunakan roda dua, agar lebih lancar,” ungkap Dirlantas Polda NTB, Kombes Pol Djoni Widodo, Kamis (2/3).

Polda NTB melalui Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas), menyiapkan sebanyak 130 personel, termasuk BKO dari Mabes Polri sebanyak 23 personel untuk pengamanan kelancaran  WSBK. 

Sedangkan untuk pengaturan pintu masuk, tidak jauh berbeda dengan WSBK 2022 dan 2023 sebelumnya. Penonton akan diarahkan di bundaran Bandara BIZAM.

“Petugas tiket bersama personel akan berjaga di bundaran, nantinya penonton akan diarahkan sesuai dengan type tiket,” jelasnya.

Rekayasa dan pengaturan lalu lintas sendiri, sudah dibagi menjadi tiga zona. Pertama, zona kedatangan penonton di lima pintu masuk, yakni BIZAM, Kayangan, Lembar, Gili Mas dan Bangsal.

Untuk zona dua mulai dari Bandara sampai dengan bundaran Songgong. Sementara zona berikutnya, dari Songgong menuju pertamina di areal menuju sirkuit. 

Tidak hanya itu, untuk mengantisipasi adanya kecelakaan lalu lintas, sudah menyiapkan satu pos khusus. Nantinya, di pos tersebut akan ditempatkan personel berikut dengan petugas medis dan ambulans. 

Sebanyak 35 unit bus juga disiapkan Pemprov NTB untuk mengangkut penonton World Superbike (WSBK) Mandalika 2023.  Bus gratis disediakan mencegah kemacetan dari kendaraan pribadi yang dibawa penonton.

”Ini bus gratis. Kami akomodir semuanya dari Damri maupun OPD,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) NTB Lalu Mohammad Faozal.

Berbeda dengan WSBK 2022 dan 2021, bus gratis pada tahun ini hanya disiapkan untuk dua koridor. Yakni eks Bandara Selaparang di Kota Mataram dan Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM), Lombok Tengah.

Untuk eks Bandara Selaparang, dishub menyiagakan sekitar 27 unit bus. Adapun di BIZAM, ada 8 unit bus yang siap mengantar penonton hingga Pertamina Mandalika International Circuit.

”Jadwal penjemputan itu kami mulai pukul 07.00 sampai 11.30 Wita,” ujar Lalu Mohammad Faozal. 

Penyediaan bus gratis diharapkan bisa dimanfaatkan seluruh penonton. Terutama bagi mereka yang tidak memiliki kendaraan pribadi untuk menuju sirkuit. Adapun untuk penonton yang memiliki kendaraan pribadi, diimbau untuk menggunakan motor. 

Sementara itu berdasarkan prakiraan dini cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid (BMKG Stamet ZAM), cuaca mendung akan mendominasi di hari yang sama atau selama berlangsungnya balapan.

Karena itu, para penonton yang hendak datang menyaksikan diminta untuk mempersiapkan perlengkapan yang aman, seperti jas hujan dan jaket agar kondisi tubuh tetap terjadi dalam kondisi cuaca hujan.

Selain itu, disarankan juga untuk mengkonsumsi multivitamin agar stamina tetap terjaga selama menyaksikan WorldSBK.

Editor: Robby

Reporter: bbn/lom



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami