search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Dibubarkan, Pengurus MO Besakih Berharap Bisa Dipekerjakan di Badan Pengelola Kawasan
Selasa, 7 Maret 2023, 13:30 WITA Follow
image

beritabali/ist/Dibubarkan, Pengurus MO Besakih Berharap Bisa Dipekerjakan di Badan Pengelola Kawasan.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Menyusul dicabutnya Pergub 51 yang digantikan dengan Pergub no 5 tahun 2023, maka regulasi terkait pengelolaan fasilitas kawasan suci Pura Agung Besakih tidak lagi dilaksanakan oleh managemen operasional (MO) seperti sebelumnya. 

Dalam Pergub no 5 tahun 2023 tersebut, terkait pengelolaan fasilitas kawasan suci Pura Agung Besakih maka akan dibentuk sebuah badan pengelolaan yang nantinya akan dipimpin oleh Kepala Badan. 

Menurut informasi, badan pengelola ini akan mengelola sumber dana baik dari penjualan karcis masuk, penyewaan kios dan pendapatan lain yang sah ada di kawasan suci Pura Besakih. Nantinya hasil bersih setelah digunakan untuk operasional pada akhir tahun akan dibagi untuk Pura Besakih, untuk ke Desa Adat, Desa Dinas dan desa penyangga. 

Terkait dicabutnya Pergub 51 tersebut, Kepala MO Kawasan Pura Agung Besakih, I Gusti Bagus Karyawan membenarkan bahwa MO nantinya akan dibubarkan. Pihaknya berharap meski nantinya akan dibentuk badan pengelola namun Karyawan yang sebelumnya bekerja di MO bisa dipekerjakan juga oleh badan pengelola. 

"Informasinya tenaga kerja MO akan tetap dilibatkan untuk bekerja di badan pengelola, saya sendiri juga melamar di salah satu bidangnya," kata Karyawan, Selasa (7/3/2023). 

Ia berharap, dengan dibentuknya badan pengelola ini, Kawasan Suci Pura Agung Besakih dapat dikelola lebih baik lagi kedepannya. Pihaknya dari managemen operasional sangat mendukung, dengan regulasi yang disempurnakan maka orang-orang yang nantinya terlibat tentunya profesional.

"Harapan kita kedepan lebih baik, baik dari sisi pengelolaan juga dari dari sisi kunjungan. Di MO sebelumnya mempekerjakan sekitar 100 orang karyawan, semoga semua bisa dilibatkan ikut dipekerjakan sesuai dengan kemampuannya masing - masing," harap Karyawan.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami