search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Seniman Patung Wayan Pugeg Terima Lencana Emas dan Uang Puluhan Juta
Kamis, 20 April 2023, 14:37 WITA Follow
image

beritabali/ist/Seniman Patung Wayan Pugeg Terima Lencana Emas dan Uang Puluhan Juta.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Seniman asal Singapadu, Kecamatan Sukawati, I Wayan Pugeg, yang berkiprah puluhan tahun, menerima penghargaan. Saat resepsi HUT Kota Gianyar Pugeg menerima penghargaan seni Parama Satya Budaya.

Pugeg diberikan piagam penghargaan, lencana emas senilai 10 juta rupiah dan uang tunai sebesar 75 juta rupiah. Wayan Pugeg sendiri merupakan seorang seniman multi talenta asal Desa Singapadu Sukawati. 

Selain mampu menghasilkan karya-karya seni khusunya patung yang berkualitas tinggi penuh inovasi, dirinya juga lihai dalam seni pertunjukan dan pembuat sarana upakara yang handal.

Diwawancara seusai menerima penghargaan, Wayan Pugeg berharap para generasinya baik anak maupun cucunya mampu meneruskan kiprahnya di bidang seni patung. “Agar dilanjutkan oleh generasi muda,” harapnya. 

Dikatakannya bahwa kegiatan mematung atau yang lainnya ia laksanakan untuk memenuhi kebutuhan anaknya. “Saya tidak punya sawah untuk digarap, jadi mematung menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ujarnya.

Baca juga:
"Kedaut", Keterpikatan Bawah Sadar Seniman Ngurah Paramartha

Segudang karya dibuat oleh Pugeg selama hidup. Patung yang dibuat berbahan kayu, tulang dan bahan lainnya. 

Bahkan, Pugeg ikut ngayah menjadi arsitek di Pura Pengukur-ukuran Gianyar. Saat karya Eka Dasa Rudra, Pugeg ikut membuat bangunan di jaba pura.

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami