search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Taiwan Khawatir Dicaplok Cina Tahun 2027, Siap-Siap Perang
Senin, 24 April 2023, 13:36 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Taiwan Khawatir Dicaplok Cina Tahun 2027, Siap-Siap Perang

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Pemerintah Taiwan mengantisipasi kemungkinan konflik dengan Cina tahun 2027, setelah muncul informasi intelijen bahwa Cina akan mencaplok Taiwan di tahun tersebut.

"Kami menanggapi ancaman militer Cina dengan sangat serius. Saya pikir 2027 adalah tahun yang perlu kita seriusi," kata Menteri Luar Negeri Taiwan, Joseph Wu, dalam sebuah wawancara, seperti dikutip The Guardian.

Hal ini lantaran menurut informasi intelijen Amerika Serikat, Presiden Cina Xi Jinping telah memerintahkan militer negaranya untuk siap mencaplok Taiwan pada tahun 2027.

Cina menganggap Taiwan sebagai provinsi pemberontak, yang harus dipersatukan kembali dengan daratan. Sejak berkuasa pada 2012, Xi menekankan bahwa masalah Taiwan 'tidak dapat diwariskan dari generasi ke generasi.'

Pekan lalu, Menteri Luar Negeri Cina, Qin Gang, mengklaim kedua sisi selat Taiwan adalah milik Cina sehingga siapa pun yang 'bermain api' di Taiwan pada akhirnya 'akan terbakar.'

Pengamat Cina di lembaga thinktank AS Stimson Center, Yun Sun, menilai saat ini Cina belum menunjukkan kesiapan akan mencaplok Taiwan dalam kurun waktu empat tahun ke depan.

"Kemampuan militer adalah syarat yang diperlukan, tetapi tidak cukup bagi Cina untuk melancarkan serangan. Kesiapan militer tidak menunjukkan bahwa Cina akan mengambil tindakan," ungkap Yun Sun.

Dia menilai, Xi tidak pernah secara terbuka menetapkan target akan menginvasi Taiwan pada tahun 2027.

"Kecuali Taiwan mendeklarasikan kemerdekaan pada saat itu," kata dia.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami