search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Badai Idalia Diprediksi Hantam Florida AS, Picu Banjir-Ancam Nyawa
Rabu, 30 Agustus 2023, 00:05 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Badai Idalia Diprediksi Hantam Florida AS, Picu Banjir-Ancam Nyawa

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Badai Tropis Idalia diperkirakan bakal menghantam Florida, Amerika Serikat, pada Rabu (30/8). Bencana alam itu dapat memicu banjir dan mengancam nyawa.

Badan prakiraan cuaca AS, Pusat Badai Nasional (NHC), menyatakan Badai Tropis Idalia bisa meningkatkan air pasang dan gelombang badai sehingga membahayakan nyawa orang.

"Gelombang badai yang mengancam jiwa dan angin berbahaya besar kemungkinan terjadi di sebagian wilayah Florida," demikian pernyataan NHC pada Senin (28/8) yang dikutip AFP.

NHC memperkirakan badai tertinggi akan terjadi di utara Tampa Bay. Menurut mereka, peristiwa ini juga menyebabkan banjir.

"Diperkirakan akan terjadi genangan antara delapan hingga 12 kaki [sekitar 2,4 meter hingga 3,6 meter], di atas permukaan tanah," demikian pernyataan NHC.

Badan itu juga memperkirakan banjir bandang mungkin akan melanda wilayah lain Florida, termasuk South Georgia.

Menanggapi ancaman badai tersebut, Badan Manajemen Darurat Amerika Serikat (Federal Emergency Management Agency/FEMA) menyatakan siap mengerahkan petugas.

Pengumuman NHC muncul usai Badai Tropis Idalia menghantam Kuba. Imbas badai ini, ribuan orang dievakuasi ke tempat lebih aman.

Setelah melewati Kuba, badai disebut mengalami "gelombang panas laut". Gelombang panas ini memberi Idalia kekuatan angin saat menuju Florida.

Panas merupakan salah satu faktor yang memicu terjadinya badai.

"Idalia akan terus menguat hingga terjadi badai [besar]," tulis NHC.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami