search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
LPKA Karangasem Ajak Anak Binaan 'Mereresik' di Pura Andakasa
Kamis, 21 September 2023, 09:31 WITA Follow
image

beritabali/ist/LPKA Karangasem Ajak Anak Binaan 'Mereresik' di Pura Andakasa.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Karangasem punya cara tersendiri untuk mengembalikan kepercayaan diri anak binaannya lewat program "Ngayah Ceria" sebelum nantinya mereka membaur kembali di tengah masyarakat. 

Progam "Ngayah Ceria" merupakan kegiatan kerja bakti ngayah mereresik di Pura Sad Kahyangan yang ada di wilayah Kabupaten Karangasem yang dikemas untuk mengimplementasikan undang-undang nomor 22 tahun 2022, tentang Pemasyarakatan yang di dalamnya memuat tentang hak setiap anak untuk mendapatkan kegiatan rekreasi.

"Ini juga pemenuhan hak setiap anak untuk mendapatkan kegiatan rekreasi dan latihan fisik bebas sehari-hari di udara terbuka yang diisi kegiatan hiburan. Dalam kegiatan Ngayah Ceria ini juga bertujuan untuk mengembalikan rasa kepercayaan diri anak binaan agar siap kembali ke lingkungan masyarakat setelah menjalani masa pembinaan di LPKA Kelas II Karangasem,” kata Kasi Pembinaan LPKA Kelas II Karangasem, I Wayan Nova Puspa Adi, Rabu (20/9/2023).

Dikatakan Nova, untuk kegiatan ngayah ceria kali ini dilaksanakan di areal Pura Andakasa, Desa Angantelu, Kecamatan Manggis, Karangasem yang telah berlangsung pada Selasa (19/9/2023). Ini merupakan kegiatan kedua kalinya setelah sebelumnya kegiatan serupa juga dilaksanakan di Pura Agung Besakih.

"Lewat ngayah ceria ini kita juga ingin mengimplementasikan konsep Tri Hita Karana, yakni meningkatkan hubungan manusia dengan Sang Pencipta dan meningkatkan hubungan manusia dengan sesama, serta meningkatkan hubungan manusia dengan alam," imbuh Nova.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami