search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Perkenalkan Kama, Anak Gajah Sumatera yang Lahir di Bali
Jumat, 22 Desember 2023, 16:02 WITA Follow
image

beritabali/ist/Perkenalkan Kama, Anak Gajah Sumatera yang Lahir di Bali.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Seekor bayi Gajah Sumatera atau disebut Elephas Maximus Sumatranus lahir di Bali Zoo pada tanggal 24 November 2023 pukul 07.00 WITA melalui kelahiran normal. 

Lahir dengan berat badan lebih dari 80 kg hingga saat ini bayi gajah tumbuh sehat bersama induknya. Bernama Kama, bayi dari indukan gajah betina Nurhayati (45 tahun) dan gajah jantan Budi (35 tahun) melalui perkawinan secara alami.

Perjodohan Nurhayati dan Budi sudah dilakukan sejak awal tahun 2021 dan proses kehamilan berjalan 22 bulan. Sampai saat ini induk gajah dan bayi gajah dalam kondisi sehat dan masih dalam pengawasan tim dokter di Bali Zoo

Bayi gajah dapat menyusu dengan baik dan untuk induk gajah diberikan multivitamin dan penambahan porsi pakan yang mengandung protein tinggi seperti kacang kedelai dan beragam variasi buah-buahan untuk memulihkan kondisi tubuh Nurhayati dan menambah kualitas susu.

“Kelahiran anak gajah Sumatera ini merupakan kabar gembira sekaligus menjadi bukti keberhasilan Bali Zoo sebagai Lembaga Konservasi yang terus berupaya dalam pelestarian gajah Sumatera. Semoga anak gajah ini dapat berkembang baik dan tumbuh sehat di Bali Zoo, hingga saat ini ada 15 ekor gajah termasuk 4 jantan dan 11 betina," jelas Head of Public Relations Bali Zoo, Emma Chandra, Jumat (22/12/2023) di Gianyar.

Berdasarkan The IUCN Red List of Threatened Species, gajah Sumatera berstatus Critically Endangered atau spesies yang terancam punah. 

Sebelumnya, pada 17 Maret 2022 telah ada kelahiran bayi gajah jantan lain di Bali Zoo dengan indukan jantan Budi dengan gajah betina Terry, sehingga kelahiran gajah ini menandai kelahiran kedua dalam dua tahun terakhir.

Editor: Robby

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami