search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Simulasi Pencoblosan KPU Tabanan, Pemilih Manula Masih Kerepotan
Rabu, 24 Januari 2024, 09:31 WITA Follow
image

beritabali/ist/Simulasi Pencoblosan KPU Tabanan, Pemilih Manula Masih Kerepotan.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, TABANAN.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan menggelar simulasi pencoblosan di Gedung Serbaguna, Banjar Penebel Kaja, Kecamatan Penebel pada Selasa (23/1) yang berlangsung sejak pagi. 

Simulasi ini juga menggunakan semua surat suara yang akan dicoblos pada 14 Februari 2024 sebanyak lima lembar. 

“Tujuan simulasinya adalah untuk melihat kesalahan yang terjadi dan akan dievaluasi,” ujar Ketua KPU Tabanan I Wayan Suwitra. 

Ia menyebutkan, simulasi di Penebel ini adalah kali kedua yang dilaksanakan. Sebelumnya, KPU Tabanan menggelar simulasi pencoblosan di TPS 001 Banjar Sandan Lebah, Desa Wanasari, Kecamatan Tabanan pada Senin, 25 Desember 2023.

Pada simulasi sebelumnya, terungkap satu pemilih rata-rata memerlukan waktu lima menit untuk mencoblos lima surat suara Pemilu 2024. Perkiraan waktu tersebut paling banyak terjadi pada pemilih manula. 

Mereka rata-rata kerepotan dengan ukuran kertas surat suara yang relatif besar. Terkecuali surat suara pilpres yang relatif kecil. Suwitra menjelaskan, simulasi Pemilu 2024 itu salah satunya memang untuk mengetahui perkiraan waktu mencoblos.

“Sehingga tidak terulang kesalahan saat hari pemilihan nanti,” ujarnya.

Suwitra menyebutkan, pihaknya berencana kembali membuat simulasi untuk melakukan penyempurnaan pelaksanaan Pencoblosan Pemilu 2024. 

“Nanti kami rancang, untuk waktu dan lokasi masih kami atur tempatnya,” ujarnya. 

Editor: Robby

Reporter: bbn/tab



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami