search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Tahun Ajaran Baru, SD di Karangasem Dua Tahun Tak Dapat Siswa Baru
Selasa, 16 Juli 2024, 11:33 WITA Follow
image

beritabali/ist/Tahun Ajaran Baru, SD di Karangasem Dua Tahun Tak Dapat Siswa Baru.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Saat sekolah di Karangasem sedang disibukkan pelaksanakan kegiatan Masa Pengenalan lingkungan Sekolah (MPLS) kepada siswa barunya, pemandangan berbeda justru terlihat di SD Negeri 10 Karangasem. 

Tidak ada kegiatan MPLS yang dilaksanakan di sekolah tersebut karena pada tahun ajaran baru 2024-2025 ini, SD Negeri 10 Karangasem yang ada di Banjar Belong, Kelurahan Karangasem tidak mendapatkan satupun siswa baru.

Kepala Sekolah SD Negeri 10 Karangasem, Desa Putu Arianti ditemui Selasa (16/7/2024) pagi mengakui kondisi tersebut. Pihaknya tidak melaksanakan MPLS karena tidak mendapat satu pun siswa baru

"Sebenarnya ada satu yang mendaftar, tetapi karena hanya satu orang saja, sehingga hari ini orang tuanya menyatakan untuk memindahkan ke SD lain," kata Desak Putu Arianti. 

Menurutnya, kondisi serupa juga terjadi pada tahun ajaran sebelumnya. Dimana SD Negeri 10 juga tidak mendapatkan siswa baru. Dengan situasi ini, praktis terjadi kekosongan siswa untuk kelas I dan kelas II. Untuk diketahui, total jumlah siswa secara keseluruhan di sekolah tersebut hanya berjumlah 34 orang dari kelas III hingga kelas VI. 

Minimnya jumlah anak usia sekolah yang mendaftar, menurut Desak karena ada beberapa faktor, selain karena memang zonasi sekolah hanya didukung oleh 1 banjar juga disinyalir karena jarak antar sekolah lain juga cukup berdekatan.

Selain itu, tidak sedikit juga anak-anak sekolah yang ikut dan bersekolah ditempat orang tua mereka bekerja di luar karangasem. Namun terlepas dari faktor tersebut, memang ada informasi yang mengatakan beberapa orang tua memilih menyekolahkan anaknya di SD lain karena ektra kulikulernya lebih lengkap sedangkan di SD Negeri 10 hanya ada satu ekstra yaitu ekstra pramuka saja.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami