search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Musim Ngaben, Perajin Bade di Karangasem Banjir Pesanan
Senin, 29 Juli 2024, 14:51 WITA Follow
image

beritabali/ist/Musim Ngaben, Perajin Bade di Karangasem Banjir Pesanan.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Pesanan berbagai jenis perlengkapan upacara Ngaben seperti Wadah, Bade hingga lembu naik berkali-kali lipat menjelang bulan Agustus 2024 ini. 

Menurut salah seorang pemilik usaha kerajinan Bade di Karangasem, I Wayan Bandem, dari ratusan pesanan yang masuk, sebagian besar pesanan akan digunakan untuk upacara Ngaben pada bulan Agustus mendatang. 

"Untuk pesanan sudah mulai masuk sejak bulan Januari lalu, ya bisa dikatakan naik sampai seratus persen bahkan lebih," kata Wayan Bandem saat ditemui wartawan, Minggu (28/7/2024). 

Untuk pesanan yang diterima tak hanya datang dari wilayah Karangasem saja tetapi juga dari luar Karangasem seperti dari wilayah Singaraja, Nusa Penida bahkan Lombok. Pesanan yang masuk pun berpariasi mulai dari ukuran kecil, sedang hingga yang paling besar dengan ketinggian sekitar 15 meter. 

Dengan banyaknya pesanan yang masuk, Badem juga mengaku telah menambah tenaga kerja sebanyak 15 orang dari awalnya hanya 25 orang tenaga kerja. Untuk waktu pengerjaan sendiri, satu wadah atau Bade denga ukuran standar jika difokuskan kesana bisa selesai dalam waktu 3 hari. 

Namun karena pesanan berpariasi sesuai permintaan serta ada yang paketan sehingga waktu pengerjaan yang dibutuhkan agak lebih lama.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami