search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Arab Saudi Akan Bangun Bioskop Dekat Ka'bah di Mekkah
Kamis, 29 Agustus 2024, 13:37 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Arab Saudi Akan Bangun Bioskop Dekat Ka'bah di Mekkah

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Arab Saudi disebut berencana membangun bioskop dekat Ka'bah di Mekah, situs paling suci sekaligus kiblat bagi umat Islam.

Rencana itu menjadi perbincangan usai video seorang insinyur Saudi sedang membahas proyek bioskop viral di media sosial.

Proyek bioskop Mekkah terletak di distrik Al Abidiyah dekat Universitas Umm Al Qura di luar kompleks masjid Ka'bah. Ini akan mencakup area seluas 80.000 meter persegi.

Pembangunan tersebut dipegang perusahaan lokal Modern Leading Building Leaders (MBL). New Arab melaporkan proyek bioskop Mekkah ini senilai 1,3 miliar riyal atau sekitar Rp5,3 triliun.

Pembangunan bioskop ini bagian dari program "Smart Mecca." Program tersebut bertujuan mengintegrasikan fasilitas hiburan modern ke dalam kota.

Pembangunan bioskop di Saudi merupakan kemajuan signifikan, tetapi lokasinya yang dekat Ka'bah memicu kontroversi.

Beberapa orang memuji video yang beredar luas di media sosial, sementara yang lain melancarkan kritik. Mereka juga khawatir soal kedekatan tempat hiburan dengan tempat ibadah dan mempertanyakan apakah sejalan dengan nilai-nilai agama serta budaya.

Meski ada kontroversi, pemerintah Saudi menegaskan pembangunan baru tersebut tak membahayakan kesucian Mekkah.

Para pejabat juga menekankan bahwa proyek sinema dan hiburan lain dirancang untuk melengkapi infrastruktur modern kota sembari mempertahankan nilai agama.

Pembangunan bioskop di Saudi menandai perubahan signifikan di negara tersebut. Sebelumnya, pemerintah telah melarang operasi tempat hiburan ini selama 40 tahun.

Kemudian pada 2018, setelah Mohammed bin Salman (MbS) menjadi Putra Mahkota, larangan itu dicabut.

Sejak dicabut, Saudi memperluas infrastruktur sinema dengan cepat, dengan banyak bioskop dibuka di seluruh Kerajaan. (sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami