search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Danau Tamblingan Meluap, Puluhan Rumah Terendam
Senin, 21 Maret 2011, 09:28 WITA Follow
image

Beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BULELENG.

Curah hujan yang tinggi menyebabkan air Danau Tamblingan di Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali meluap. Akibatnya puluhan rumah warga dan pura yang ada di pinggir danau kini terendam air hingga 3 meter lebih.

[pilihan-redaksi]

Dari pantauan beritabali.com di Danau Tamblingan, daratan yang dulunya sering digunakan untuk areal berkemah, kini digenangi luapan air danau setinggi 1 hingga 3 meter.

Tak hanya menggenangi daratan hingga 300 meter dari pinggir danau, luapan air Danau Tamblingan juga menggenangi sebuah pura besar yang dulunya berada persis di pinggir danau.

Luapan air Danau yang terletak 70 kilometer utara Denpasar ini juga menggenangi puluhan rumah warga yang berdiam di pinggir danau.

“Dua hari setelah Nyepi, air danau sudah mencapai halaman rumah saya. Di rumah tetanga saya, air sudah masuk ke kamar tidur,” jelas Luh Sariani, seorang warga yang tinggal di pinggir Danau Tamblingan.

“Luapan air danau ini sudah mulai terjadi sejak bulan Desember lalu. Hutan yang ada di sekitar danau tidak mampu menyerap air dari curah hujan yang tinggi,” imbuh Wayan Sarika, Kepala Dusun Tamblingan, (21/3/2011).

Akibat luapan air Danau Tamblingan ini, warga yang sebelumnya tinggal di pinggir danau tidak bisa beraktivitas secara normal.

Sebagian warga memilih untuk mengungsi ke daerah yang lebih tinggi, ke rumah saudara atau rumah warga lain yang tidak terkena luapan air danau.

Reporter: bbn/psk



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami