search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Bali Gerbang Pengiriman TKI Formal
Kamis, 5 April 2012, 16:27 WITA Follow
image

beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Jumlah warga Bali yang bekerja di luar negeri di sektor formal semakin banyak. Bali kini bahkan sudah menjadi pintu gerbang pengiriman tenaga kerja sektor formal. "Bali kita 'declare' (nyatakan) sebagai pintu gergang penempatan tenaga kerja formal terutama untuk sektor hospitality dan kepelautan.

Saat saya berkunjung ke beberapa negara, jika sebut nama Bali maka mereka langsung kenali dan respek," ujar Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh. Jumhur Hidayat, usai melepas 1.200 TKI asal Bali ke berbagai negara, di Denpasar, hari ini. "Ini akan kita pelihara dan kembangkan terus. Begitu orang denger TKI dari Bali, meskipun dia bukan orang Bali, langung mendapat tanggapan serius. Untuk daerah lainnya di Indonesia, harus bangun koneksitas dengan Bali terutama di sektor pelatihan,"imbuhnya.

1.200 TKI sektor formal yang dilepas BNP2TKI hari ini akan bekerja di 22 negara di kawasan Asia, Eropa, Australia, Amerika, dan Afrika. 1.200 TKI asal Bali ini akan bekerja di berbagai sektor seperti kepelautan, perhotelan, spa terapis, pertanian, pertambangan, dan jasa. "Jumlah terbesar adalah TKI untuk sektor kepelautan seperti kapal pesiar,kapal kargo, kapal penangkap ikan, dan kapal niaga," kata Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (BP3TKI) Denpasar, I Wayan Pageh.

TKI yang diberangkatkan berasal dari seluruh kabupaten/kota di Bali. TKI terbesar berasal dari Badung (353), disusul Denpasar (151), Buleleng (146), dan Tabanan (100), dan sisanya dari Gianyar, Bangli, Karangasem, Klungkung, serta Jembrana. Para TKI asal Bali ini akan diberangkatkan April hingga Mei 2012 melalui perusahaan jasa TKI atau pelaksana penempatan TKI Swasta.

Reporter: bbn/psk



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami