search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Sarjana IHDN Diminta Bantu Daerah Konflik
Senin, 12 November 2012, 20:06 WITA Follow
image

google.com/ilustrasi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Gubernur Bali Made Mangku Pastika meminta sarjana baru lulusan perguruan tinggi mau ditempatkan di daerah konflik seperti Lampung untuk ikut memberikan penyadaran dan pembinaan agama bagi umat setempat.

"Mereka jangan hanya bekerja atau mengabdikan diri di Bali namun juga daerah lainnya di Indonesia seperti Lampung atau Sulawesi, dimana terdapat banyak warga perantau asal Bali.

Bisa saja, mereka ikut membantu melakukan pembinaan umat dengan pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki," tegas Pastika usai memberi kuliah umum saat dies natalis VIII dam Wisuda XIV Institut Hindu Dharma Negeri (IHD) Denpasar, di Sanur, Senin (12/11/2012). Banyak profesi atau lapangan kerja bisa diciptakan di daerah baru di luar Bali seperti menjadi guru agama Hindu, balian atu ahli pengobatan tradisional Hindu dan lainnya. Pastika berpesan, jika nantinya di daerah baru, sarjana asal Bali ingin menjadi tokoh atau figur yang disegani maka mereka harus mengabdikan diri agar berguna di tempat yang baru seperti di daerah transmigran.

 

"Kalau mau berguna ya harus begitu, bisa memberikan pemahanan yang baik terhadap umat di sana. Bisa membantu memberikan pembinaan umat sehingga konflik bisa dicegah," imbuhnya. 

Reporter: bbn/psk



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami