search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Lagi 100 Lebih Imigran Gelap Diamankan Polda Bali
Minggu, 12 Mei 2013, 14:35 WITA Follow
image

google.com (ilustrasi)

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Petugas Direktorat Pol Air Polda Bali kembali berhasil menangkap imigran gelap saat memasuki perairan selatan Pulau Bali. Kali ini, petugas menangkap sebuah kapal kayu yang mengangkut 100 lebih orang imigran ilegal.

Ratusan imigran itu awalnya melintas di perairan Bali dengan tujuan ke Australia untuk memohon suaka dan mencari pekerjaan di negeri kanguru itu. Selain orang dewasa, terdapat belasan anak-anak dan wanita dalam kapal.

"Tadi saat anggota melakukan patroli kewilayahan mendapati ada sebuah kapal yang mencurigakan," ujar Direktur Pol Air Polda Bali, AKBP Tubuh Musyareh, Minggu (12/5/2013).

Petugas yang mendekati kapal dan melakukan pemeriksaan dengan memeriksa surat atau dokumen perjalanan. Nahkoda kapal tidak bisa menunjukkan dokumen yang sah sehingga petugas menggiringnya ke pinggir pantai. "Saat pengecekan lebih lanjut, petugas menemukan ratusan imigran asal Timur Tengah itu bersembunyi di dalam palka kapal,"jelasnya.

Tumbuh menambahkan, saat mereka ditangkap, kondisi imigran itu terlihat lemah dan syok sehingga petugas belum bisa mengorek data dan keterangan lebih jauh. "Jumlahnya seratus orang lebih, masih dilakukan pendataan nanti akan kami serahkan ke Tim Satgas People Smuggling Polda Bali untuk penanganan lebih lanjut," imbuhnya.

Sebelumnya, sebanyak 42 imigran gelap asal Iran juga berhasil ditangkap oleh petugas gabungan Polda Bali dan Imigrasi saat bersembunyi di dua lokasi terpisah.

 



Penangkapan pertama dilakukan di Kerobokan sebanyak 27 orang. Penangkapan kedua sebanyak 15 orang di lakukan di Banjar Medura, Desa Sanur Kauh, Denpasar Selatan.

Sebelum tiba di Bali dan hendak menyeberang ke Australia, mereka sebelumnya masuk ke Indonesia melalui bandara Soekarno Hatta. 
 

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami