search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Delegasi WTO Akhirnya Sepakati Paket Bali
Sabtu, 7 Desember 2013, 20:11 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Beritabali.com, Nusa Dua. Setelah sempat alot dan terjadi kebuntuan, para delegasi Konferensi Tingkat Menteri (KTM) ke-9 World Trade Organization (WTO) di Nusa Dua, Bali akhirnya menyepakati 'Paket Bali'.

Menteri Perdagangan RI, Gita Wirjawan menyatakan meski berlangsung alot akhirnya pertemuan kali ini menyepakati 'Paket Bali'. Menurut Gita, dalam hal ini Indonesia mengambil berperan sebagai mediator antara negara berkembang dan negara maju.

"Kita memfasilitasi negara berkembang dan negara maju. Terutama India dan Amerika Serikat yang masing-masing sempat bersikukuh," ujar Gita di Nusa Dua, Bali, Sabtu (7/12/2013).

Gita memaparakan bahwa kesepakatan itu berhasil dicapai setelah isu subsidi pertanian disepakati. Kesepakatan itu antara lain memberikan pengecualian terhadap produk-produk tertentu untuk diberikan subsidi.

"Beberapa negara berkembang menginginkan subsidi pertanian untuk produk dalam negerinya. Kini sudah menemui titik temu dengan negara maju," papar Gita.

Terkait penolakan keempat negara juga sebelumnya sempat menolak 'Paket Bali', kini telah menemui titik temu. Gita mengaku dalam perundingan itu Indonesia berhasil menjembataninya. Disepakatinya 'paket Bali', menurut Gita, Indonesia telah berhasil menjadi tuan rumah KTM ke-9 WTO.

"Sudah 12 tahun tidak ada kesepakatan sejak di Doha, dan berhasil sepakat di Bali. Kesepakatan itu juga telah mengakomodasi semua kepentingan," pungkasnya. [dws]

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami