search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
CIMB Niaga Gelontorkan Rp3,5 Miliar untuk Kembangkan Bambu
Sabtu, 30 November 2019, 22:25 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) gelondorkan dana  sebesar Rp3,5 miliar guna kembangkan Bambu. CSR tersebut dilakukan CIMB Niaga sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan. 

"Dana tersebut kami gunakan bagi pengembangan berbagai jenis tanaman bambu di beberapa daerah," kata Direktur Compliance, Corporate Affairs dan Legal CIMB Niaga, Fransiska Oei, Sabtu (30/11), di Banjar Patas, Desa Tegallalang, Gianyar.

Untuk di Bali program ini sudah dilakukan di daerah Tabanan dan Gianyar dengan mengembangkan bambu jenis Tabah. Bambu jenis tersebut ditanam, karena bisa diolah sebagai olahan menu makanan atau bisa banyak turunan olahan lainnya.

"Bambu ini (bambu Tabah) ini dipilih, karena memiliki manfaat besar. Baik bagi lingkungan maupun memiliki nilai ekonomis bagi masyarakat disini," ujarnya.

Dia mencontohkan, dilihat dari turunanya bambu tabah selain dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan, furniture, alat musik tradisional, kerajinan sampai pada dijadikan menu olahan.

"Bisa dijadikan berbagai bentuk kerajinan sampai pada rebung bambu. Masyarakat sekitar, banyak mengolah rebung bambu menjadi berbagai olahan menu dari berbagai pohonnya," katanya.

Program peduli lingkungan telah dilakukan sejak 2012 khusus jenis bambu. Untuk di Bali total keseluruhanya sebanyak 10 ribu bibit. 

"Kami telah melakukan Program ini sejak 2012," ucapnya.

Adapun dampak positif dari bambu, mulai dari meningkatkan kualitas penyerapan air, menjadi penyerap karbon (C02) sampai memproduksi oksigen (02), sehingga mampu menjadi solusi mitigasi mengatasi perubahan iklim.

"Selain itu, bambu mudah ditanam dan memiliki pertumbuhan yang cepat, serta tidak membutuhkan perawatan khusus," katanya.

Selain membantu budidaya bambu tabah juga memberi pelatihan serta bantuan mesin vacum pengolahan rebung. Serta kedepan akan mengkomunikasikan dengan pihak-pihak terkait dalam membantu pemasarannya ke depan. 

Dia berharap apa yang telah dilakukan akan mampu mendorong masyarakat sekitar meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pelestarian dan pemanfaatan bambu.

Reporter: Humas Gianyar



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami