search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Ini Syarat Agar Arak Mampu Rambah Pasar Internasional
Kamis, 12 November 2020, 18:55 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Arak sebagai minuman khas Bali dinilai para pelaku industri pariwisata di Bali akan mampu Go International. Bahkan, jika ditata dengan lebih profesional dipastikan akan mampu bersaing di mancanegara dengan minuman sejenis lainnya.

"Jika dilihat dari sisi kami, jika produk Arak tersebut dikelola atau ditata dengan lebih modern sehinga mampu menghasilkan produk standar tentu pasti akan mampu bersaing," ujar Wakil Ketua ABI (Asosiasi Bartender Indonesia) Bali, Ida Bagus Gde Cendra Setiawan, Kamis (12/11) di Sanur, Denpasar.

Dirinya mencontohkan, seperti jenis minuman Sakai dan Suju yang diketahui telah memiliki kualitas tingkat dunia serta dipasarkan di tingkat dunia. Sedangkan jika dilihat di Bali, Arak masih terlihat disisihkan karena masih diangap produk lokal.

"Setidaknya saat ini telah diberikan ruang minuman Arak berkembang setidaknya bisa dimanfaatkan dengan lebih baik oleh semua pihak agar Arak mampu mendunia," katanya.

Yang penting diperhatikan, lanjutnya, dalam hal ini bagaimana memproduksi Arak Bali tersebut dengan baik dengan tetap memperhatikan kualitas tentu hal tersebut akan menjadi catatan.

"Jika dilihat Arak tersebut tidak akan pernah sulit dipasarkan, asalkan selain menjaga kualitas juga penting dikemas dengan lebih baik lagi," tutupnya.

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami