search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Gempa 4,1 SR Guncang Lombok Utara Dirasakan di Karangasem
Jumat, 11 Desember 2020, 22:00 WITA Follow
image

bbn/ilustrasi/net

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Gempa bumi mengguncang wilayah Lombok Timur, Lombok Utara, Lombok Barat, dan Kota Karangasem, Bali, diguncang gempa bumi tektonik pada Jumat (11/12/2020) pukul 20.51.06 WITA. 

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=4,1. Episenter terletak pada koordinat 8.27 LS dan 116,53 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 42 km Timur Laut Lombok Utara, NTB, pada kedalaman 11 km.

Jenis dan Mekanisme gempa bumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar naik busur belakang Flores (Flores Back Arc Trust). 

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik dengan kombinasi geser ( oblique-thrust ). 

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Lombok Timur III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. 

Di Lombok Utara, Lombok Barat, dan Kota Karangasem-Bali II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan digantung bergoyang).  Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 21.15 WITA, hasil monitoring BMKG tidak menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Reporter: bbn/rls



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami