search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Gempa M3,6 di Lombok Utara Terasa hingga Karangasem
Kamis, 25 November 2021, 19:45 WITA Follow
image

beritabali/ist/Gempa M3,6 di Lombok Utara Terasa hingga Karangasem.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NTB.

Wilayah Lombok Utara diguncang gempa bumi tektonik, Kamis, 25 November 2021 pukul 12.04.39 WITA. 

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=3,6. Episenter terletak pada koordinat 8,32° LS; 116,04° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 13 km barat laut Lombok Utara, NTB pada kedalaman 11 km.

Hingga hari Kamis, 25 November 2021 pukul 12.51 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 3 aktivitas gempa bumi susulan (aftershock ).

Kepala Stasiun Geofisika Mataram Ardhianto Septiadhi menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif.

"Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Lombok Utara II - III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu) dan Karangasem II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang)," jelas Ardhianto, Kamis (25/11). 

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempabumi tektonik menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Reporter: bbn/lom



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami