search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Gempa M 4,5 Guncang Bima dan Jembatan Putus Akibat Banjir
Senin, 6 Desember 2021, 23:10 WITA Follow
image

beritabali/ist/Gempa M 4,5 Guncang Bima dan Jembatan Putus Akibat Banjir.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NTB.

Wilayah Bima diguncang gempa bumi tektonik, Senin (6/12) pukul 22.24 WITA.  

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=4,5. Episenter terletak pada koordinat 7,74° LS; 119,03° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 85 km Timur Laut Bima, NTB pada kedalaman 15 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat Sesar Naik Busur Belakanbi (Back Arc Thrust)," jelas Ardianto Septiadhi, Kepada Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Mataram. 

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Bima III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). Hingga pukul 22.55 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock ).

Senin (6/12), Bima juga kembali dilanda banjir bandang di beberapa wilayah Menyebabkan beberapa fasilitas umum rusak. Bahkan, salah satu jembatan utama yang menghubungkan Kota Bima dengan Ambalawi/Wera lintasan jalan Provinsi NTB yang berada di Jatibaru Barat roboh. 

Alat berat exavator kobelco warna biru oleh dinas PUPR setempat telah didatangkan di lokasi jembatan yang rusak. Untuk pembersihan aspal dan sampah/ranting yang menyumbat jembatan. 

Sementara untuk pembersihan dari plat lantai jembatan yang terlalu besar akan dipecah terlebih dahulu dengan menggunakan braker dan diangkut dumptruck. 

“Hari ini, kita fokus mengatasi sumbatan akibat robohnya jembatan. Insya Allah besuk kita lakukan pembersihan bekas plat jembatan hingga selesai,” kata Kepala Dinas PUPR Provinsi NTB, Ir Ridwan Syah, Senin siang.

Reporter: bbn/lom



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami