search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Peternak di Alas Pujung Gianyar Bisa Ambil Kredit Tanpa Jaminan
Senin, 3 April 2023, 15:18 WITA Follow
image

beritabali/ist/Peternak di Alas Pujung Gianyar Bisa Ambil Kredit Tanpa Jaminan.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Peternak baik babi dan sapi di Desa Alas Pujung, Kecamatan Tegallalang, mendapat kemudahan. Peternak bisa mengambil kredit tanpa jaminan di LPD Alas Pujung. Bahkan, kredit dibayar enam bulan lagi.

Ketua LPD Alas Pujung, I Wayan Subawa Jaya, mengaku jumlah penduduk di Alas Pujung sebanyak 50 KK. Sebagian besar bergerak di sektor peternakan dan pertanian. 

“Kami memberikan kredit. Memberikan kemudahan bagi peternak,” jelasnya.

Kredit yang digelontorkan sebesar Rp 15 juta per peternak. Itu semua tanpa jaminan. Pinjaman bisa dibayar tiap 6 bulan sekali dengan hitungan bunga 1,5 persen. 

“Kredit peternak ini cukup tanda tangan klian adat dan Bendesa dengan syarat suami istri dan penanggung dari keluarga, langsung cair,” jelasnya.

Dikatakan lebih lanjut, tujuan kredit peternak itu untuk menyejahterakan masyarakat. Dengan kredit Rp 15 juta, bisa digunakan untuk pembelian pakan untuk 7 ekor babi. Hingga kini, ada 50 persen warganya yang mencari kredit peternak. 

Estimasi LPD, dari kredit Rp 15 juta, per ekor Rp 300 ribu bersih. Jadi total keuntungan peternak sekitar Rp 2,1 juta. “Dana itu, keuntungan dari beternak bisa dipakai untuk kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

Selain membantu masyarakat, pendapatan LPD pun melonjak dari kredit tersebut. Aset LPD kini mencapai Rp 4,8 Miliar dengan laba Rp 76 juta. Ada peningkatan dari tahun sebelumnya. 

“Target di tahun 2023, kami membantu peternakan dan anak sekolah,” tutupnya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami