search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Tujuh Suplemen Ini Bisa Bikin Umur Panjang Jika Rutin Diminum
Selasa, 15 Agustus 2023, 08:58 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Tujuh Suplemen Ini Bisa Bikin Umur Panjang Jika Rutin Diminum

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Ada banyak faktor yang bisa menentukan usia seseorang. Selain faktor genetik, gaya hidup juga turut memengaruhi angka harapan hidup.

Tak cuma makanan, ada juga beberapa suplemen yang dipercaya bisa bikin panjang umur. Apa saja?

Mengonsumsi suplemen jadi salah satu kebiasaan yang bisa bikin panjang umur. Tujuan untuk meningkatkan angka harapan hidup bisa tercapai jika konsumsi suplemen juga dibarengi dengan menerapkan gaya hidup sehat secara keseluruhan.

Suplemen yang bikin panjang umur

Sama seperti vitamin, suplemen sendiri merupakan senyawa yang mengandung nutrisi baik bagi tubuh. Tapi tak semua suplemen mengandung vitamin.

Untuk itu, Anda perlu memilih suplemen yang dikonsumsi secara tepat. Apalagi jika tujuan Anda adalah untuk meningkatkan kesehatan secara menyeluruh, yang berujung pada peningkatan angka harapan hidup.

Berikut beberapa suplemen yang bisa bikin panjang umur jika dikonsumsi rutin, melansir Eat This Not That.

1. Astaxanthin

Ahli diet Elizabeth Shaw mengatakan bahwa astaxanthin jadi salah satu suplemen penting yang bisa meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.

Astaxanthin biasa ditemukan dalam makanan laut seperti salmon, lobster, kepiting, dan udang.

Namun sayangnya, asupan makanan laut di atas tak cukup untuk memenuhi kebutuhan astaxanthin demi mendapatkan manfaat maksimal. "Itulah sebabnya suplemen [astaxanthin] mungkin jadi pilihan terbaik," ujar Shaw.

Astaxanthin dapat membantu mendukung kesehatan kulit, otot, dan mata. Nutrisi ini juga mendukung proses penuaan yang sehat serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Astaxanthin juga mengandung senyawa antioksidan yang tinggi. Kehadiran antioksidan membantu melawan paparan radikal bebas yang bisa memicu penyakit kronis.

Studi menunjukkan, sekitar 2-12 miligram antaxanthin dalam sehari akan memberikan manfaat maksimal.

2. Kreatin monohidrat

Populer di tengah para binaragawan, suplemen satu ini memang bisa mendukung kesehatan otot. Namun, bukti manfaat kreatin monohidrat di luar untuk kesehatan otot terus bermunculan.

Sebuah studi menemukan nutrisi satu ini dapat mendorong fungsi kognifif dan fisik seseorang saat semakin menua.

"Sebuah meta-analisis menunjukkan individu yang menua dapat memperoleh manfaat dari suplemen kreatin monohidrat untuk menjaga memori jangka pendek dan kemampuan nalar," ujar ahli diet lainnya Kelly Jones.

3. Asam lemak omega-3

Nutrisi satu ini tentu sudah tak perlu lagi dipertanyakan. Asam lemak omega-3 banyak ditemukan pada ikan berlemak dan kerang.

Asam lemak omega-3 telah terbukti membantu menjaga tekanan darah dan kadar trigliserida. Hal ini dapat mendukung kesehatan kardiovaskular secara menyeluruh.

Orang dengan asupan asam lemak omega-3 yang lebih tinggi juga berisiko lebih rendah terkena serangan jantung.

4. Nikotinamida ribosida (NR)

NR adalah prekursor NAD+, sebuah molekul yang berperan penting dalam proses regenerasi sel.

Ahli gizi lainnya Lauren Harris-Pincus mengatakan, kadar NAD+ akan menurun seiring bertambahnya usia. Penurunan ini telah dikaitkan dengan sejumlah penyakit.

"Tanpa tingkat NAD+ yang cukup, mitokondria tak akan mampu menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk sel-sel otak agar bisa bertahan hidup dan menjalankan fungsinya," jelas Harris-Pincus.

5. Kolagen

Bukan cuma buat kesehatan kulit, kolagen juga bisa memengaruhi kesehatan sendi. Menjaga kesehatan persendian dapat menurunkan risiko terjatuh yang bisa jadi penyebab kematian di antara kelompok lanjut usia (lansia).

Sementara itu, diketahui bahwa produksi kolagen akan menurun seiring bertambahnya usia. Untuk itu, asupan suplemen kolagen bisa jadi alternatif.

6. Vitamin D

Vitamin D adalah nutrisi utama yang perlu dimiliki oleh mereka yang ingin berumur panjang. Kekurangan vitamin D dapat memicu berbagai penyakit terkait usia seperti masalah kardiovaskular dan kanker.

7. L-Ergothioneine

Ergothioneine adalah asam amino antioksidan yang ditemukan pada banyak jamur. Bukti menunjukkan, senyawa ini dapat mencegah atau mengurangi penyakit kronis yang dipicu penuaan.

Beberapa ahli juga telah menjuluki senyawa ini sebagai 'vitamin umur panjang'. Bukan tanpa alasan, ergothioneine telah ditemukan dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan kematian dini.

Demikian beberapa suplemen yang bisa bikin umur panjang jika dikonsumsi secara rutin.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami