search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
7 Rekomendasi Menu Sarapan Yang Sehat dan Bikin Bahagia
Senin, 25 September 2023, 08:24 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/7 Rekomendasi Menu Sarapan Yang Sehat dan Bikin Bahagia

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Kebahagiaan ternyata bisa dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi, terutama saat sarapan. Pastikan Anda menilik rekomendasi menu sarapan berikut agar hari-hari Anda terasa membahagiakan.

Para ahli kesehatan menekankan bahwa sarapan itu penting dan jangan sampai terlewat. Menurut Corinne Zaffarese Elbourne, apoteker dan ahli gizi, sarapan harus membuat Anda "bersemangat untuk hari ini".

"Setiap orang harus menemukan pilihan sarapan yang sehat yang membuat mereka bersemangat untuk menjalani hidup sehat," kata Elbourne seperti dilaporkan Newsweek.

Dia menyarankan untuk memilih menu sarapan yang tinggi karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, dan serat. Menu seperti ini akan menjaga energi tetap awet dan mencegah penurunan mood.

Menu sarapan pagi sehat dan bikin bahagia

1. Roti biji-bijian utuh

Suka sarapan dengan roti? Sebaiknya pilih roti yang terbuat dari biji-bijian utuh (whole grain bread). Keri Gans, ahli diet, menjelaskan roti dari biji-bijian utuh banyak mengandung vitamin B yang penting untuk otak.

Selain itu vitamin B terbukti membantu seseorang mengatasi stres dan meningkatkan mood.

2. Alpukat

Alpukat biasanya dikonsumsi sebagai smoothie atau topping roti panggang. Tak hanya memberikan asupan lemak sehat, alpukat juga memberikan asupan asam folat.

Kekurangan asam folat berhubungan dengan depresi. Gans berkata alpukat kaya akan antioksidan yang juga bisa melindungi seseorang dari depresi.

3. Tomat

Kalau suka roti isi untuk sarapan, pastikan ada tomat di isiannya. Tomat bakal membuat menu sarapan lebih segar dan membuat Anda lebih bahagia.

"Tomat kaya akan antioksidan [yang disebut] likopen dan juga berasosiasi dengan potensi menurunkan risiko depresi," kata Gans melansir dari Well and Good.

4. Oatmeal

Oatmeal kerap dicap sebagai menu diet menurunkan berat badan. Hal ini tidak salah sebab kandungan seratnya mampu memberikan rasa kenyang lebih lama. Namun sebenarnya oatmeal juga sarapan tepat jika Anda ingin lebih bahagia.

Serat larut air pada oatmeal bisa membantu meregulasi mood. Kemudian terdapat kandungan selenium yakni mineral yang mampu meningkatkan mood.

5. Yogurt

Pangan fermentasi dengan kandungan probiotik terbukti meningkatkan mood. Probiotik bakal jadi makanan yang baik buat bakteri usus.

Yogurt bisa jadi opsi menu sarapan dan dicampur buah potong atau granola. Selain yogurt, menu sarapan tinggi probiotik bisa berupa sup miso, kombucha, dan tempe.

6. Jamur shiitake

Sarapan sup di pagi hari sudah terbilang komplet secara nutrisi. Anda bisa menambahkan aneka bahan tapi jangan melupakan jamur shiitake.

Jamur shiitake bisa meningkatkan mood karena kandungan vitamin D. Vitamin D bisa mengurangi gejala depresi.

Tak hanya sup, jamur shiitake bisa ditambahkan untuk campuran tumis sayur atau omelet.

7. Biji chia

Chia seed atau biji chia umum ditambahkan untuk sajian oatmeal dan smoothie. Anda bisa mendapatkan nutrisi berupa asam lemak omega 3 untuk menjaga kesehatan otak dan meregulasi mood.

Konsumsi biji chia sebelum tidur juga baik sebab kandungan magnesiumnya akan membantu tidur lebih nyenyak dan bebas cemas.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami