News

APINDO Bali: Tak Ada Niat Mentransmigrasikan Petani Bali

 Jumat, 25 Februari 2011, 18:08 WITA

Beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Badung. 

Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Bali menyampaikan klarifikasi terkait polemik di masyarakat tentang adanya wacana untuk mentransmigrasikan petani Bali.

Klarifikasi berita tersebut disampaikan di kantor redaksi Beritabali.com, Jalan Gunung Sanghyang, Kesambi Baru No. 12-A Kuta Utara, Badung, Bali.

Ketua Apindo Bali, Panudianan Kuhn, pada keterangannya, Jumat (25/2), menyatakan tidak ada keinginan untuk mentransmigrasikan petani Bali. Ia mengaku hanya memberikan usul transmigrasi bagi petani yang tidak memiliki lahan dan tidak bekerja agar mendapatkan penghidupan yang lebih baik di daerah yang baru.

“Kalau petani tidak memiliki lahan dan tidak bekerja kenapa tidak dihimbau saja transmigrasi ke Kalimantan, sesuai dengan program pemerintah, tapi ini sifatnya tidak dipaksakan, demi untuk mensejahterakan para petani."

"Di Kalimantan itu 1 hektar hutan hanya Rp 2 juta, bahkan bisa dapat lahan gratis. Kaltim, Kalteng, Kalbar kebanyakan penduduknya pendatang semua, penduduk lokalnya 30 hingga 40 persen,“ papar Panudiana Kuhn.

Panudiana Kuhn menambahkan, pertanian di Bali tidak akan habis dan pertanian tersebut tidak hanya sebagai pelengkap pariwisata semata.
"Tetapi juga bisa bersinergi, saling mendukung dan saling membutuhkan karena pertanian itu juga merupakan paket wisata yang sangat menarik di Bali."

Penulis : bbn/ctg

Editor : Tantri



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Badung 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending