News

Pangeran Khalid, Adik Pangeran MbS Menteri Pertahanan Saudi

 Kamis, 11 Juli 2024, 13:18 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Pangeran Khalid, Adik Pangeran MbS Menteri Pertahanan Saudi

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Adik Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MbS), Khalid bin Salman, kerap menjadi sorotan usai ditunjuk menjadi menteri pertahanan.

MbS memberi jabatan strategis itu pada Oktober 2022. Dia juga menjabat sebagai wakil ketua dewan direksi Otoritas Umum Industri Militer (GAMI).

Khalid bertanggung jawab terhadap perencanaan strategis, industri militer, dan kesepakatan senjata Saudi dan negara lain.

Terlepas dari itu, siapakah Khalid?

Sebelum menjadi Menhan, Khalid sempat menjadi wakil menteri pertahanan pada 2019.

Dia juga pernah ditunjuk sebagai Duta Besar Saudi untuk Amerika Serikat dari April 2017 hingga Februari 2019. Selama masa ini, Khalid mengawali era baru hubungan Saudi-AS, kedua negara, demikian dikutip situs resmi Saudi.

Selama menjadi Dubes, Khalid disebut-sebut turut terlibat pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Dalam laporan situs yang fokus ke demokrasi, Mena, Khalid memainkan peran kunci untuk memancing dan membunuh Khashoggi di Konsulat Saudi di Istanbul.

"KBS, yang saat itu menjabat sebagai duta besar AS di Washington DC, membujuk Khashoggi untuk datang ke konsulat Istanbul dengan meyakinkan melalui panggilan telepon pada tahun 2018," demikian laporan Mena.

Khalid, menurut laporan itu, mengatakan ke Khashoggi bahwa ia akan aman mengunjungi Konsulat Saudi di Istanbul. Jurnalis itu ingin mengambil dokumen yang diperlukan untuk mengonfirmasi pernikahan dia dengan Hatice Cengiz.

Namun, bukan rasa aman yang dihadapi Khashoggi. Sebaliknya, tim pembunuh bayaran Saudi telah menunggu dia untuk membunuh dan memutilasinya.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Trending