News

Puskeswan Gianyar Temukan Banyak Shelter Penampungan Anjing Tak Berstandar

 Rabu, 03 April 2024, 20:33 WITA

beritabali/ist/Puskeswan Gianyar Temukan Banyak Shelter Penampungan Anjing Tak Berstandar.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Gianyar. 

Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Gianyar III Dinas Pertanian dan Peternakan Gianyar mendapatkan temuan mengejutkan. Terpantau ada tiga Shelter penampungan anjing yang tidak dinilai tidak standar.

Menurut Kepala Puskeswan Gianyar III, Drh. Arya Dharma dari pantauan di wilayah Kecamatan Gianyar dan Sukawati menjamur Shelter anjing.

"Tapi mengambil lokasi di permukiman penduduk. Tempat ada yang sudah layak, tapi di permukiman padat penduduk, harus dilihat dampak suara anjing," ujar dia.

Dikatakan, ada lagi Shelter yang tidak punya perizinan. Pengelola Shelter nekat memungut dan memelihara anjing liar untuk diberikan pakan. 

Tentunya, kondisi itu rawan. Terlebih latar belakang pengelola Shelter jika bukan dari kalangan petugas kesehatan hewan bisa rawan. Terutama soal tata cara perawatan. 

"Rumah penampungan hewan juga harus punya standar operasional prosedur. Ketika ada hewan baru masuk, ada tempatnya," jelas dia.

Selain itu, untuk jaga-jaga, Shelter anjing juga wajib memiliki tempat penguburan. Apabila ada hewan yang sakit dan tidak bisa disembuhkan, maka alternatif di lahan penguburan bisa dilakukan. 

"Harus punya area penguburan hewan mati," jelas dia.

Oleh sebab itu, pihak Puskeswan yang sudah keliling melakukan sosialisasi door to door ke Shelter. "Kami sudah wanti-wanti untuk membuat penampungan sesuai standar," tutup dia. 

Penulis : bbn/gnr

Editor : Robby






Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Gianyar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending