search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
2024 Ditarget Nihil Meninggal Akibat Rabies, Bali Kebut Vaksinasi
Rabu, 28 Juni 2023, 16:08 WITA Follow
image

bbn/dok beritabali/2024 Ditarget Nihil Meninggal Akibat Rabies, Bali Kebut Vaksinasi.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Pemerintah Provinsi Bali sedang mengebut pelaksanaan vaksinasi rabies dan menjamin ketersediaan vaksin di daerah itu dalam jumlah yang cukup.

"Kita melakukan percepatan vaksinasi. Sekarang sudah mencapai 51 persen dan kita masih memiliki ketersediaan vaksin yang cukup banyak," kata Gubernur Bali I Wayan Koster di sela-sela menghadiri Sidang Paripurna DPRD Bali di Denpasar, Rabu, 28 Juni 2023.

Pemerintah Australia, lanjutnya, akan membantu 200 ribu dosis vaksin rabies. Dari jumlah tersebut pada 1 Juli 2023 akan datang sebanyak 100 ribu dosis. Selain itu, kata dia, pemerintah pusat juga menyatakan menyiapkan 350 ribu dosis vaksin rabies untuk Bali.

"Targetnya 2024 di Bali tidak ada lagi yang meninggal karena rabies dan 2028 zero rabies pada binatang dan manusia," ucapnya.

Ia menambahkan, untuk menekan kasus rabies dan memberikan edukasi kepada masyarakat, pihaknya juga menggandeng desa adat agar mengatur warganya supaya tidak lagi meliarkan anjing peliharaannya.

Mengenai sanksi bagi warga yang melanggar, menurut Koster, itu diserahkan kepada desa adat masing-masing.

Sebelumnya, ia juga mengatakan terkait kasus rabies saat ini sedang ditangani oleh Kepala Dinas Pertanian bersama Kepala Dinas Kesehatan secara kolaboratif.

Selain itu Pemerintah Provinsi Bali juga bersinergi dengan kabupaten/kota dan mendapatkan dukungan penuh dari Menteri Kesehatan.

"Percepatan vaksinasi rabies sudah mendapatkan dukungan dari pemerintah pusat. Bali ini diprioritaskan karena merupakan destinasi wisata," terang Wayan Koster. (sumber: medcom.id)

Editor: Robby

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami