search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Air Siraman Kaesang Pangarep Berasal dari Tujuh Sumber
Senin, 5 Desember 2022, 17:59 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Air Siraman Kaesang Pangarep Berasal dari Tujuh Sumber

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Kaesang Pangarep akan menjalani prosesi siraman di kediaman pribadi Presiden Joko Widodo di Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo, pada Jumat (9/12). Kakak sekaligus juru bicara Panitia Pernikahan Kaesang-Erina, Gibran Rakabuming Raka mengatakan air yang digunakan untuk upacara siraman adiknya itu akan diambil dari sejumlah sumber air di sekitar Solo.

"Ada tujuh sumber," kata Gibran saat ditemui di Balai Kota Solo, Senin (5/12).

Secara adat Jawa, air yang digunakan untuk prosesi siraman mestilah menggunakan air tanah, bukan air ledeng. Gibran menyebut tujuh sumber air yang digunakan dalam prosesi siraman nanti berasal dari Masjid Agung Mangkunegaran Al-Wustho, Masjid Agung Kasunanan Surakarta, Pura Mangkunegaran, Keraton Surakarta, Umbul Pengging di Boyolali.

Kemudian air yang diambil dari sumur rumah nenek Kaesang di Sumber, dan rumah pribadi Presiden Jokowi. Dalam prosesi siraman nanti, Kaesang akan diguyur dengan air kembang dari tujuh sumber tersebut sebanyak tujuh kali oleh anggota keluarga yang sudah pernah menikahkan anaknya.

"Yang nyirami yang sudah pernah mantu. Pakdhe-pakdhe, budhe-budhe, dari bapak dan ibu ada semua," kata Gibran. "Tujuh orang, masing-masing satu kali,"

Acara siraman sendiri akan diselenggarakan secara tertutup. Prosesi adat tersebut hanya bisa dihadiri oleh anggota keluarga Presiden Jokowi.

"Keluarga inti saja. Enggak ada tamu dari luar keluarga," kata Gibran.

Gibran menambahkan, Presiden Jokowi dan calon besannya akan memasang bleketepe atau anyaman janur di kediaman Sumber.

"Iya (Presiden Jokowi memasang bleketepe). Lengkap semua," katanya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya mengikuti rapat persiapan pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, Minggu (4/12). Rapat dilaksanakan di Restoran Soga, Jalan Slamet Riyadi yang berjarak hanya beberapa ratus meter dari Loji Gandrung. Presiden Jokowi menyebut persiapan tasyakuran di Pura Mangkunegaran sudah hampir tuntas.

"Persiapannya sudah 99 persen. Alhamdulillah sudah dipersiapkan dengan baik," kata Jokowi usai rapat.

"Pernikahan Kaesang dan Erina yang Insyaallah akad nikah hari Sabtu 10 Desember di Yogyakarta. Kemudian untuk tasyakuran diadakan di Solo tanggal 11 pagi sampai malam," katanya.

Menurut informasi, acara tasyakuran di Pura Mangkunegaran akan dibagi menjadi dua sesi. Untuk sesi siang akan ada dua gelombang tamu. Sedangkan untuk sesi malam akan dihadiri oleh dua gelombang tamu.

"Hanya siang dan malam. Bahwa jam-jamnya diatur ya untuk manajemen saja. Agar aliran beliau-beliau para tamu itu bisa mengalir dengan baik," jelasnya.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami