search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Aksi Demo Tidak Hanya Dilakukan Buruh di Denpasar, Mahasiswa Papua dan Ormas PGN juga Ikut
Rabu, 1 Mei 2024, 21:04 WITA Follow
image

beritabali/ist/Aksi Demo Tidak Hanya Dilakukan Buruh di Denpasar, Mahasiswa Papua dan Ormas PGN juga Ikut.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Hari Buruh Internasional atau May Day yang jatuh pada 1 Mei 2024 diperingati oleh ratusan buruh berbagai serikat pekerja di Denpasar. Mereka melakukan aksi damai dan turun ke jalan sambil membawa beragam spanduk kritikan terhadap pemerintah. 

Dari pengamatan di lapangan, aksi demo itu tidak hanya digelar oleh serikat pekerja, namun juga dilakukan puluhan mahasiswa dari Aliansi Mahasiswa Papua dan organisasi kemasyarakatan (Ormas) Patriot Garuda Nusantara. 

Kemudian, salah satu serikat yang turut dalam aksi damai tersebut yakni Federasi Serikat Pekerja Mandiri (FSPM). 

Guna menghindari kejadian yang tidak diinginkan, sebanyak 520 petugas gabungan disiagakan dari Polresta Denpasar, Polda Bali, Brimob, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pecalang.

Polisi memasang strategi agar dua kelompok demo itu bisa dipisahkan dan tidak bertemu dalam satu titik. Sebab, jika kedua pendemo bertemu dikhawatirkan akan terjadi gesekan dan tindakan anarkisme. 

Terpantau dalam aksi demo itu, ormas PGN berada di sekitar bundaran Renon, sedangkan AMP melakukan aksi di sebelah barat Jalan Raya Puputan Renon, Denpasar

Selain itu, Polisi juga telah berkoordinasi dengan perwakilan dari masing-masing kelompok, untuk memastikan bahwa aksi berlangsung secara tertib dan damai. 

Sementara Wakapolresta Denpasar AKBP I Made Bayu Sutha Sartana menyebutkan, pihaknya mengerahkan 520 personel gabungan untuk menunjukkan keseriusan pihak keamanan dalam menjaga kondusivitas selama peringatan Hari Buruh.

"Kami menginstruksikan semua personel untuk tidak membawa senjata api dalam menjalankan tugas hari ini. Pendekatan yang humanis dan mengedepankan dialog diharapkan dapat mencegah terjadinya gesekan antara peserta aksi dan aparat keamanan," tegasnya saat memimpin apel kesiapan pengamanan hari Buruh. 

Editor: Robby

Reporter: bbn/spy



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami