search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Bali Perlu Pengamanan Laut Kelas A, Begini Kesiapan Danlanal TNI AL Denpasar
Rabu, 26 Juli 2023, 19:02 WITA Follow
image

beritabali/ist/Bali Perlu Pengamanan Laut Kelas A, Begini Kesiapan Danlanal Denpasar.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar Kolonel Marinir I Dewa Nyoman Gede Rake Susilo, S.E., menyambut baik perhatian Gubernur Bali I Wayan Koster saat mengunjungi Danlanal Denpasar.

Hal ini, menurutnya, merupakan bentuk dukungan akan perubahan status Danlanal Denpasar dari kelas B menjadi kelas A. Terlebih, kata dia, tidak ada pintu masuk ke Bali melalui jalur laut, jadi jalur perairan pulau bisa dimasuki dari semua sisi. Inilah yang menjadi potensi kerawanan untuk tindak kejahatan melalui perairan Bali.

"Beliau (gubernur-red) melihat situasi pulau Bali, kerawanan terhadap pariwisata dan masuknya tindak kejahatan melalui perairan Bali yang tidak ada pintunya. Semuanya bisa masuk kecuali di darat satu jalan, tapi lewat laut semua bisa masuk baik. Ini perlu diatur," ungkap Gede Rake saat kegiatan bersama wartawan, Rabu (26/7/2023) di Pos TNI AL Benoa, Denpasar.

Urgensi perubahan status ini juga mengingat Bali yang kerap menjadi pertemuan skala internasional, seperti KTT G20 yang memerlukan tanggung jawab dan beban kerja setara dengan kelas A.  

"Seperti G20 harusnya tugas dan tanggung jawabnya kelas A tapi kita masih kelas B," ungkapnya.

Untuk itu, dalam upaya menuju perubahan ke kelas A, pihaknya saat ini memajukan naskah akademik, memperbaiki infrastruktur untuk pengadaan dermaga khusus sandarnya kapal perang, peningkatan SDM kesatrian, maupun sarana lain yang mendukung operasi keterpaduan komponen sistem senjata armada terpadu (SSAT).

Adapun fasilitas alutsista Danlanal Denpasar saat ini diantaranya Patkamla Bali, Katamaran, Tanjung Pandangan, Sea Rider, dan perahu karet yang tersebar di Possal dan Lanal.

Meski masih berstatus kelas B, Gede Rake tak henti memberi motivasi ke prajurit TNI AL dengan semboyan "Jalesveva Jayamahe, di lautan kita jaya!".

"Siapa yg mengusai laut itu menguasai dunia. kita sering sampaikan ke prajurit, badai dan karang yang melintang bukan hambatan, tapi tantangan yang akan menunjukkan prajurit TNI AL prajurit berkelas dunia," tegasnya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/rob



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami