search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
BI Gelar Operasi Rahasia di Pasar Keuangan
Kamis, 25 Agustus 2022, 09:56 WITA Follow
image

beritabali.com/cnbcindonesia.com/BI Gelar Operasi Rahasia di Pasar Keuangan

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Menghadapi gejolak nilai tukar rupiah, Bank Indonesia (BI) telah menyiapkan aksi 'operasi rahasia' di pasar uang.

Selain melakukan triple intervention, dimana bank sentral mengintervensi pasar valas, DNDF dan pasar sekunder, BI ternyata menjalan operation twist.

Sebagai catatan, bank sentral sangat jarang menyampaikan cara-cara intervensi nilai tukar secara detail, di luar skema triple intervention.

Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo menjelaskan yang dimaksud dengan operation twist adalah BI menjual SBN tenor pendek dan membeli di tenor panjang.

"Dengan menjual di tenor pendek akan memengaruhi yield jangka pendek untuk naik sehingga daya tarik investasi meningkat karena imbal hasil naik, yang akan membantu stabilitas nilai tukar," ungkapnya.

Upaya membeli SBN tenor panjang pada akhirnya akan mendorong yield tenor panjang lebih rendah. Alhasil, menurut Dody, struktur yield akan lebih landai dan ini mengindikasikan tekanan inflasi bersifat jangka pendek. Kemudian, BI berharap inflasi akan kembali ke kisaran sasarannya.

Operation twist ini telah disampaikan oleh Gubernur BI Perry Warjiyo dalam paparan hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG), Selasa (24/8/2022).(sumber: cnbcindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami