search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Binaragawan Justyn Vicky Tewas Tertimpa Barbel, Ini Catatan dari Dokter Spesialis Olahraga
Senin, 24 Juli 2023, 13:27 WITA Follow
image

bbn/instagram/Binaragawan Justyn Vicky Tewas Tertimpa Barbel, Ini Catatan dari Dokter Spesialis Olahraga.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Dokter spesialis kedokteran olahraga Hario Tilarso merespons insiden yang menewaskan binaragawan Justyn Vicky setelah tertimpa barbel seberat 210 kg.

Ia mengatakan bahwa sebenarnya latihan di gym adalah hal yang biasa dan memiliki manfaat. Namun, latihan di gym tidak bisa dilakukan sembarangan. Saat menggunakan alat-alat di gym ada aturan dan standarnya.

"Ada aturan-aturan yang standar untuk latihan. Misalnya, cara bernapas, posisi tubuh bagaimana dan lain-lain. Jarang sekali ada yang cedera kalau aturan-aturan itu dipenuhi, biasanya aman," kata Hario, Minggu 23 Juli 2023.

Selain itu, seseorang juga mesti mengetahui kemampuan dalam mengangkat beban. Bila beban yang digunakan memiliki berat yang berlebihan tentu tidak baik dan bisa memicu cedera.

"Menurut saya yang meninggal tersebut terlalu berat bebannya dan tidak ikut aturan. Itulah gunanya instruktur untuk mengawasi dan mengoreksi. Beban yang over sangat bisa bikin cedera," katanya.

Video singkat detik-detik kecelakaan yang dialami Justyn Vicky tersebar di media sosial. Dalam video itu, Justyn terlihat berusaha keras mengangkat barbel seberat 210 kg dengan gerakan back squat.

Justyn dibantu oleh seorang rekan yang juga menahan barbel besar tersebut dari belakang. Ada pula satu rekan lainnya yang siaga di samping Justyn.

Awalnya, barbel besar itu diangkat dari posisi berdiri ke jongkok. Namun, ketika hendak kembali berdiri, Justyn sudah kehabisan tenaga dan barbel pun menggelinding ke lantai.

Sayangnya, sebelum menyentuh lantai, gagang barbel sempat menekan leher belakang dan bahu Justyn. Rekannya pun kewalahan saat hendak menahan barbel.

Insiden ini menyebabkan lehernya patah dan binaragawan Bali ini pun terkapar tak sadarkan diri.

Setelah kecelakaan itu, Justyn dilarikan ke rumah sakit setempat dengan leher patah dan tekanan kritis pada saraf vital yang menghubungkan ke jantung dan paru.

Dia juga menerima operasi darurat. Namun, tak lama kemudian Justyn mengembuskan napas terakhir. Justyn Vicky dinyatakan meninggal pada 15 Juli 2023.

Pihak The Paradise Bali, menuliskan ucapan bela sungkawa atas meninggalnya Justyn.

"Hari ini, kita berkumpul untuk merayakan kehidupan luar biasa dari pelatih pribadi dan sahabat tercinta kita, Justyn. Dengan berat hati kami berbagi berita tentang kepergiannya, namun semangat kami terangkat oleh pengaruh mendalam yang dia berikan pada kami masing-masing," tulis pihak gym di akun Instagramnya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami