search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
BPBD Gianyar Evakuasi Pemedek Pura Goa Raja Besakih yang Terjebak Air Deras
Jumat, 7 April 2023, 15:24 WITA Follow
image

beritabali/ist/BPBD Gianyar Evakuasi Pemedek Pura Goa Raja Besakih yang Terjebak Air Deras.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Pemedek atau umat yang sembahyang di Pura Goa Raja Besakih, Kecamatan Rendang, tak bisa pulang. Jalan yang mereka lalui diguyur aliran air yang amat deras. Demi keselamatan, mereka dievakuasi oleh petugas.

Proses evakuasi dilakukan oleh tim dari BPBD Kabupaten Gianyar. Kebetulan, seluruh tim di seluruh Bali ikut membantu dan siaga di Pos Besakih dalam rangka Pujawali Ida Batara Turun Kabeh. Kejadian berlangsung Kamis (6/4) pukul 17.50 WITA. 

“Kami menerima informasi pengayah dan pemedek terjebak di pura Goa Raja. Setelah personel tiba di lokasi, langsung evakuasi dari sebelah timur pura Goa Raja menggunakan tali tambang,” ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar, Gusti Ngurah Dibya Presasta.

Saat itu, evakuasi juga dibantu oleh BPBD kabupaten Klungkung yang ikut siaga selama Pujawali. Setelah dievakuasi, semua pemedek itu berhasil keluar dari areal pura. 

“Pukul 18.46 wita semua yang terjebak sudah berhasil dievakuasi dengan selamat,” ungkapnya.

Kejadian itu terjadi akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Karangasem. “Hujan deras di Besakih, pemedek yang sembahyabg di Goa Raja tidak mengira air akan semakin besar dan naik di dasar pelinggih,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, bantuan lintas kabupaten hadir di Karangasem karena memang ditugaskan. “TRC BPBD Gianyar dan Klungkung yang mendapat tugas di Command Centre Besakih, selama Karya Agung Ida Betara Turun Kabeh, 5-26 April 2023,” tutupnya. 

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami