search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Capaian Program Satu Data di Karangasem Baru 22,19 Persen
Sabtu, 24 September 2022, 17:42 WITA Follow
image

beritabali/ist/Capaian Program Satu Data di Karangasem Baru 22,19 Persen.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Memasuki akhir bulan September 2022, capaian program satu data Pemkab Karangasem baru sekitar 22,19 persen dari jumlah sasaran yang ditetapkan sebanyak 157.367 KK. 

Dalam pendataan yang dilaksanakan tanpa didukung anggaran tersebut, tenaga pendata yang terdiri dari pegawai ASN dan Non ASN termasuk tenaga pendidik (guru) di lingkungan Pemkab Karangasem baru berhasil mendata sekitar 34.700 KK. 

Pendataan sendiri mulai dilaksanakan pada 1 Agustus 2022 lalu, dengan tugas yang diberikan kepada setiap pegawai ASN dan Non ASN, masing - masing mendapat jatah mendata sebanyak 20 hingga 35 KK dengan batas waktu sampai 30 November 2022 mendatang.

Menurut Kepala Bappelitbangda Kabupaten Karangasem, I Nyoman Sutirtayasa data yang nantinya dihasilkan ke depan akan digunakan sebagai dasar pengambilan kebijakan perencanaan pembangunan sesuai dengan kebutuhan sektor di Kabupaten Karangasem. 

Hanya saja, dibalik rencana besar tersebut sejumlah pihak justru meragukan keakuratan data yang dihasilkan dalam proses pendataan yang dilakukan, pasalnya selain dianggap melibatkan tenaga yang memang bukan membidangi, keakuratan data yang diberikan oleh responden juga dipertanyakan. 

Menanggapi hal tersebut, Sutirtayasa mengaku  ada banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut, salah satunya tergantung kepada responden dan petugas pendata di lapangan karena apabila petugas asal asalan atau responden tidak jujur maka akan sama saja. 

"Paling tidak sudah ada upaya membentuk data sebagai modal pengambilan kebijakan ke depan, diharapkan petugas pendata dan warga secara tulus dalam melakukan pendataan maupun memberikan datanya," ujar Sutirtayasa saat dihubungi, Jumat (23/9/2022).

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami