search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Cina Resmi Longgarkan Aturan Nol-Covid Usai Didemo Warga
Rabu, 7 Desember 2022, 16:07 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Cina Resmi Longgarkan Aturan Nol-Covid Usai Didemo Warga

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Cina resmi mengumumkan longgarkan strategi nol Covid-19 usai demonstrasi berlangsung di sejumlah kota, Rabu (7/12). Komisi Kesehatan Nasional (NHC) mengatakan frekuensi dan cakupan tes PCR akan berkurang, demikian dikutip AFP.

Dalam aturan baru itu, pasien terinfeksi Covid-19 tanpa gejala dan kasus sedang kini bisa karantina di rumah. Pihak berwenang juga dilaporkan akan mencabut syarat isolasi di fasilitas pemerintah bagi pasien terinfeksi.

Selain itu, tes massal juga hanya berlaku di area dengan "risiko tinggi" dan sejumlah sekolah.

Sebelumnya, Cina kerap melakukan tes massal, sesuai strategi nol-Covid, jika bahkan ada kasus baru ditemukan di wilayah tertentu. Pemerintah juga akan mencabut syarat negatif Covid-19 dalam waktu 48 jam bagi pelaku perjalanan antar provinsi.

Cina menuai kritik usai lebih dari satu tahun menerapkan strategi ketat nol-Covid. Mereka tak segan mengunci suatu wilayah, bahkan saat kasus ditemukan dalam satu hari.

Pengumuman terbaru Cina muncul usai demo berlangsung menolak lockdown di sejumlah kota pada pekan lalu. Wilayah itu di antaranya, Guangzhao, Shanghai, dan Xinjiang.

Tuntutan demo juga meluas menjadi mendesak Presiden Cina Xi Jinping mundur. Demo itu berujung bentrok antara polisi dengan peserta aksi.

Usai serangkaian demo tersebut, polisi Cina memperketat keamanan, termasuk memeriksa ponsel warga yang lewat di lokasi unjuk rasa seperti Shanghai dan Beijing. Polisi juga disebut menyeret dan menggantung para pedemo di dalam bus.

Selain itu, langkah terbaru Cina muncul usai pemerintah merilis data kemunduran ekonomi imbas strategi nol Covid. Pada November lalu, impor dan ekspor anjlok ke level tertinggi sejak 2020.

Administrasi Umum Kepabeanan melaporkan penurunan impor terbesar terjadi pada Mei 2020 dengan 10,6 persen dari tahun ke tahun, penurunan terbesar sejak Mei 2020. Ekspor juga turun 8,7 persen dibandingkan periode yang sama.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami