search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Desa Penarungan Gali Potensi di Sektor Pertanian
Rabu, 11 Mei 2022, 14:45 WITA Follow
image

beritabali/ist/Desa Penarungan Gali Potensi di Sektor Pertanian.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Desa Penarungan, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung memiliki sejumlah potensi yang akan dikembangkan.

Seketaris Desa (Sekdes) Penarungan, I Gede Gumatra Astawa mengatakan Pemerintah Desa berkordinasi dengan Perbekel berupaya menggali potensi lainnya. Terlebih, kata dia, Desa Penarungan telah ditetapkan sebagai desa wisata oleh Bupati Badung.

Desa Penarungan telah memiliki sejumlah potensi yakni Taman Beji Pala yang merupakan tempat pengelukatan pancoran solas terletak di Banjar Dauh Peken dengan segala fasilitas mulai dari, kamar mandi, tempat ganti baju serta wantilan.

Selanjutnya ada jogging track dan wahana air tubing. Rencannya akan dikembangkan kuliner nantinya.

Kedepan pihaknya semua potensi desa akan dikolaborasikan seperti sebagian besar di wilayah Desa Penarungan yang merupakan lahan persawahan subak akan dikembangkan sebagai salah satu destinasi wisata. Hal ini dalam menunjang program Desa Wisata di Desa Penarungan. 

"Di sini terdapat dua Subak yakni Subak Penarungan dan subak Guming. Jika dilihat luas subak penarungan sekitar 268 hektar kalau subak Guming luasnya sekitar 35 hektar," jelasnya.

Potensi pertanian nantinya akan digali menjadi potensi wisata karena melihat, masyarakat sudah jenuh dengan perkotaan berusaha menggali agar suasana lebih hijau dan fresh. 

"Apalagi Desa Penarungan dekat dengan Kota dan tidak terlalu jauh sehingga untuk mencari suasana hijau untuk refreshing lebih dekat," ujarnya.

Di bawah BUMDes yang akan menaungi seluruh kegiatan seperti, Desa Wisata, UMKM, dan segala potensi yang ada di Desa Penarungan dapat dijadikan satu atap.

Tentu hal ini dalam upaya mengembangkan dan meningkatkan pendapatan asli desa kedepannya.

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami