search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Diah Puspayanthi, Wirausaha Muda Jembrana Raih Konsultan Terinovatif
Minggu, 5 Februari 2023, 12:25 WITA Follow
image

beritabali/ist/Diah Puspayanthi, Wirausaha Muda Jembrana Raih Konsultan Terinovatif.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, JEMBRANA.

Lahir dari keluarga birokrat dan perbankan, Luh Putu Diah Puspayanthi sejak kecil sudah terdidik mandiri dan kreatif. 

Putri Pertama dari tiga bersaudara ini sejak sekolah hingga kuliah memang gemar berorganisasi. Pernah menjadi Ketua Majelis Perwakilan Kelas saat sekolah di SMAN 1 Negara dan menjadi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) saat kuliah di Fakultas Hukum Universitas Udayana (Unud). 

Selain gemar berorganisasi, Diah juga gemar mendesain, fotografi dan memasak. Kegemarannya ini membuat dia membuka usaha di bidang clothing dan konveksi, foto dan Videografi serta kuliner. 

Niatnya terjun menjadi wirausaha sudah diwujudkan sejak SMA kelas 2, sekitar tahun 2012. Kemudian sejak semester 8 mencoba bekerja untuk mendapatkan pengalaman kerja yang cukup. Diah pernah bekerja di Bank Central Asia (BCA) selama 2 tahun, yaitu tahun 2017 hingga 2019.

Pengalaman berwirausaha membawanya diterima menjadi konsultan pendamping UMKM di Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Jembrana di bawah binaan Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM).

Baca juga:
Petinju Bali Raih Empat Medali di Kejuaraan Internasional Malaysia

"Sebagai konsultan pendamping saya bisa membantu UMKM Jembrana naik kelas dan saya juga dapat banyak ilmu dan pengalaman selama pendampingan," Ujar ibu muda anak satu ini. 

Pada tahun 2022, KemenKopUKM menyelenggarakan Kompetisi Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM yang bertujuan untuk memotivasi pembina, pengelola, konsultan pendamping, dan UMKM binaan. Pada kompetisi yang diikuti 50 PLUT seluruh Indonesia ini, Diah yang mewakili Konsultan PLUT Jembrana meraih Harapan 1 Konsultan Terinovatif. 

Pencapaian ini memotivasi Diah untuk terus membantu UMKM agar makin maju dan sukses sehingga daerah kelahirannya yaitu Jembrana menjadi sejahtera. 

"Saya terus belajar untuk bisa menjadi konsultan pendamping yang bermanfaat bagi anak-anak muda yang ingin menjadi wirausaha dan semakin banyak wirausaha baru, rakyat Jembrana akan makin sejahtera, karena dalam setiap usaha baru ada lapangan kerja yang terbuka," pungkas Diah yang saat ini sedang menempuh S2 bisnis manajemen di Universitas Triatma Mulya dan mempersiapkan diri terjun ke dunia politik sebagai calon legislatif.

Editor: Robby

Reporter: bbn/rls



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami