search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Harga Cabai di Karangasem Tembus Rp75 Ribu per Kg
Jumat, 3 November 2023, 17:22 WITA Follow
image

beritabali/ist/Harga Cabai di Karangasem Tembus Rp75 Ribu per Kg.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Harga cabai di sejumlah Pasar di Karangasem merangkak naik sejak beberapa hari terakhir. Bahkan, sampai saat ini harganya tembus Rp.75 ribu per kilogram dari harga normalnya Rp.40 ribu per kilogramnya.

Kondisi ini diakui oleh salah satu pedagang di Pasar Amlapura Timur, Kadek Asri pada Jumat (3/11/2023). Menurutnya, kenaikan harga cabai terjadi secara bertahap sejak 2 minggu terakhir ini, dimana harga cabe kecil dari Rp.40 ribu menjadi Rp.75 ribu per kilogramnya. Kenaikan harga juga terjadi pada harga bawang merah dari Rp.13 ribu menjadi Rp.22 ribu per kilogramnya. 

"Harga cabai rawit sekarang Rp75 per kilogramnya, harganya naik secara bertahap. Dari naik Rp5 ribu, kemudian Rp6 ribu, hingga Rp7 ribu," ujarnya.

Meningkatnya harga cabai dan bawang di pasaran diduga karena pasokan yang mulai meipis, serta dampak cuaca yang tak menentu yang mempengaruhi hasil panen petani. Namun demikian, menurut Asri untuk pasokan masih aman, hanya saja, kenaikan harga berpengaruh terhadap daya beli masyarakat, ia mengaku tidak berani untuk menjual atau menyetok cabai dalam jumlah banyak untuk menghindari kerugian.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Karangasem, I Gede Loka Santika tak menampik adanya lonjakan harga cabai di pasaran. Hanya saja, dari hasil pemantauannya harga cabai di Pasar Karang Sokong pagi ini hanya di kisaran Rp60 ribu per kilogramnya.

"Ya memang ada lonjakan, ini kemungkinan dampak cuaca yang mempengaruhi hasil panen petani, tadi pagi saya pantau harga Cabai Rp60 ribu per kilo di Pasar Karang Sokong, kita akan terus pantau, semoga harganya bisa kembali stabil," ujarnya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami