search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Minat Terhadap Drama Korea Geser Industri Film Hollywood
Senin, 28 Maret 2022, 22:20 WITA Follow
image

bbn/kompas.com/Minat Terhadap Drama Korea Geser Industri Film Hollywood

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Academy Awards yang digelar Senin (28/3/2022) di The Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat (AS) menandai gelaran itu sebagai salah satu ajang penghargaan dunia akting Hollywood terbaik.

Namun, belakangan industri Hollywood dianggap semakin kalah dengan masifnya perkembangan llayanan streaming film, hingga kemajuan industri film China dan Korea Selatan yang berkembang luar biasa cepat.

CODA yang terpilih menjadi Film Terbaik di Oscar memang cukup memberi udara segar industri Hollywood. Film yang diproduksi dan dirilis Apple TV+ itu film pertama yang memenangkan Oscar dan bukan berasal dari bioksop.

Mengutip dari Motionpictures.org, film AS sepanjang tahun 2021 lalu menghasilkan duit US$ 21,3 miliar. Angka ni cukup kecil jika dibandingkan sebelum wabah COVID-19, yakni tahun 2019 (US$ 42,3 miliar) dan 2018 (US$ 41,8 miliar).

Disaat yang bersamaan, pendapatan domestik film AS hanya mencapai US$ 4,5 miliar, pendapatan ini merupakan rekor terendah sejak tahun 1992 silam.

Produksi film Hollywood tahun 2021 memang cukup lesu. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah film yang diproduksi hanya 387, jauh menurun jika dibandingkan sebelum pandemi COVID-19, yakni 987 film.

Sementara, industri perfilman Korea Selatan berkembang pesat. Sebagai contoh, Parasite yang memborong empat piala Oscar pada 2020 silam. Film yang sama juga memborong Academy Awards di tahun yang sama.

Tidak lama setelah Parasite, serial Squid Game juga kembali mendobrak dunia perfilman dunia dengan mencatat rekor sebagai serial yang diputar paling banyak di Netflix. Film garapan Hwang Dong-hyuk ini juga memenangkan belasan penghargaan di tahun 2021 dan 2022.

Film superhero belakangan mendominasi blockbuster film AS. Merujuk pada data Box Office Mojo, 10 besar film terlaris sepanjang masa diduduki Avatar dan deretan film superhero produksi Marvel Studios seperti Avengers. (Sumber: Suara.com)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami