search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Museum Lontar Dukuh Penaban Tawarkan Pengalaman Bedah Naskah Lontar
Selasa, 19 Desember 2023, 16:50 WITA Follow
image

beritabali/ist/Museum Lontar Dukuh Penaban Tawarkan Pengalaman Bedah Naskah Lontar.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Museum Pustaka Lontar Desa Adat Dukuh Penaban, Karangasem menawarkan pengalaman bedah naskah lontar koleksi museum lewat event Lontar Culture Experience yang akan dibuka untuk pertama kalinya pada 27 Desember hingga 2 Januari 2024 mendatang. 

Bendesa Adat Dukuh Penaban, I Nengah Suarya, Selasa (19/12/2023) mengungkapkan, sejak berdirinya Museum Pustaka Lontar Dukuh Penaban pada 2017 lalu, event seperti ini belum pernah sekalipun digelar. Event ini juga terselenggara cukup tiba-tiba, entah itu ada dorongan dari lontar itu sendiri hingga bisa terselenggara di akhir tahun 2023 ini. 

"Acara ini akan berbeda dari kegiatan yang dilaksanakan di desa lainnya. Pada event Lontar Culture Experience ini kita akan lebih banyak memberikan pengalaman masa lalu dan saat ini yang berkaitan dengan lontar. Semua lontar akan ditampilkan, kita juga akan bedah lontar dan mengungkap isi naskah lontar, sehingga diketahui oleh masyarakat luas," kata Suarya. 

Sementara itu, Ketua Panitia Lontar Culture Experience, I Nengah Suardana Wiryawan mengatakan, seluruh rangkaian kegiatan nantinya akan dipusatkan di Museum Lontar Dukuh Penaban.

Ia berharap, selain untuk pelestarian Lontar, lewat kegiatan ini juga nantinya dapat mempromosikan produk-produk lokal yang dimiliki oleh Desa Adat serta mengenalkan potensi-potensi yang ada di Desa Adat Dukuh Penaban agar bisa dikenal lebih luas. 

"Kegiatan ini digelar berawal dari ide masyarakat Desa Adat Dukuh Penaban, ini baru pertama kali dilaksanakan. Semoga kegiatan ini menjadi yang terbaik di setiap kegiatannya dan bisa dilaksanakan secara rutin kedepannya," kata Sudana.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami