search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Perjalanan Panjang iPod yang Resmi Pensiun dari Apple
Rabu, 18 Mei 2022, 21:35 WITA Follow
image

bbn/Suara.com/Perjalanan Panjang iPod yang Resmi Pensiun dari Apple

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Perjalanan panjang iPod  sebagai perangkat pemutar musik portabel resmi berakhir. Sejak kali pertama diluncurkan pada 23 Oktober 2001, produk keluaran Apple ini mengakhiri perjalanan dua dekade, termasuk iPod Touch sebagai generasi terakhir dari produk iPod lantaran Apple sudah tidak memproduksi lagi.

iPod merupakan sebuah kejutan yang dihadirkan Apple pada awal 2000an. Dengan berat 6,5 ons, lebar 2,4 inch serta tinggi empat inch, iPod rilisan pertama dijual 399 Dollar Amerika. 

iPod rilisan perdana kala itu mampu menampung 1000 lagu dan langsung memikat hati internasional. Mengutip Macworld, Steve Jobs kala itu mengeluarkan iPod berdasar pada kenyataan bahwa setiap orang menyukai musik.

"Kami menyukai musik dan selalu baik untuk melakukan sesuatu yang anda sukai. Lebih penting lagi, musik adalah bagian dari kehidupan setiap orang. Setiap orang! Musik sudah ada selamanya, itu akan selalu ada. Ini bukan pasar spekulatif," kata Steve Jobs saat peluncuran pertama.

Apple kini tak lagi meluncurkan hal baru tentang iPod. Justru iPod Touchrilisan 2019 lalu akan menjadi yang terakhir setelah perjalanan 21 tahun. Apple kini hanya akan menjual iPod "selama persediaan masih ada".

Perjalanan panjang iPod

Produk rilisan Apple ini menarik perhatian. Makanya, setelah riilisan perrdana dengan kuota 5 GB, pada tahun berikutnya Apple merilis iPod dalam dua versi. Ada versi 10 GB yang dijual 399 Dollar Amerika dan 20 GB dengan harga 499 Dollar Amerika.

Generasi ketika kemudian diluncurkan pada 2003. iPod tersebut mendapat penambahan empat tombol yang menyala merah, serta memiliki konektor dock 30-pin. 

Rilisan ketiga ini ada versi baru dengan 30 GB yang dijual seharga 499 Dollar Amerika. Sementara versi 10 GB dilepas dengan 299 Dollar Amerika, serta versi 15 GB dilepas dengan banderol 399 Dollar Amerika.

iPod setiap tahun selalu keluar dalam versi baru. Pada 2005, Apple merilis generasi seberat 1 ons. Dengan ukuran sangat kecil, bahkan disebut seperti bungkus permen karet, iPod ini tersedia dalam versi 512 MB dengan harga 99 Dollar Amerika serta 1 GB dengan 149 Dollar Amerika.

Ada pula iPod Shuffle dan iPod Photo model 30 GB dengan 349 Dollar Amerika. Sementara iPod mini ukuran lain keluar setelah itu dengan model 4 GB dan 6 GB.

iPod terus berkembang dengan kuota lebih besar serta harga yang lebih murah. Pada 2008, ada iPod Classic dengan versi 120 GB yang hanya dijual 249 Dollar Amerika iPod Nano pun punya versi 16 GB yang dijual 179 Dollar Amerika.

Setelah bertahun-tahun, iPod touch generasi ketujuh diluncurkan pada 2019 lalu. iPod Touch itu memiliki memori 256 GB yang dijual 399 Dollar Amerika. iPod Touch ini tersedia dalam beragam warga yang menarik hati penggemarnya.

iPod itu secara resmi mengakhiri perjalanan panjang perangkat pemutar musik portabel. Ide brilian Steve Jobs dalam sebuah ruangan kecil yang terbukti tepat. Kini, pengguna Apple bisa fokus mendengarkan musik melalui iPhone, Apple Watch, Apple TV hingga HomePod.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami