search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
PM India Modi Pamer Foto di Pantai, Menteri Maladewa Geram
Kamis, 11 Januari 2024, 07:47 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/PM India Modi Pamer Foto di Pantai, Menteri Maladewa Geram

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Perdana Menteri India Narendra Modi disindir oleh menteri-menteri Maladewa usai memamerkan foto-foto dirinya bersantai di sejumlah pulau India.

Dalam unggahan di media sosial, Modi memajang foto dirinya menikmati waktu di pantai dan bawah laut.

Dia juga mengunggah potret saat tengah berjalan di bibir pantai dan duduk bersantai di kawasan tersebut.

Dalam keterangannya, Modi mempromosikan keindahan alam pantai dari pulau-pulau yang disebut Lakshadweep, sebuah wilayah India berjarak 150 mil dari daratan negara itu dan 100 mil utara Maladewa.

Lakshadweep ini mirip dengan Maladewa. Penduduk Minicoy, pulau paling selatan, bahkan bicara dalam bahasa yang sama seperti di Maladewa.

Warga Minicoy juga melestarikan beberapa adat istiadat tertentu di pulau itu.

Dilansir dari New York Times (NYT), unggahan Modi ini pun menuai kritik dari sejumlah menteri Maladewa. Sebab mereka merasa Modi sedang mencoba merebut pengunjung negara kepulauan tersebut.

"Sungguh badut," kata wakil menteri di Maladewa, Mariyam Shiuna, dalam unggahan di X.

Shiuna menuding Modi sebagai "boneka Israel" dan cuma berpura-pura menyelam dengan mengenakan pelampung. Kendati begitu, unggahan Shiuna tak lama dihapus.

Sejumlah netizen Maladewa juga menyerang Modi dan India dengan kritik tajam. Mereka menghina turis India dan negara India itu sendiri.

Melihat PM-nya dihina, warganet India pun murka. Mereka berbondong-bondong memboikot Maladewa dengan membatalkan perjalanan ke kepulauan itu.

Pemerintah Maladewa akhirnya menghukum Shiuna dan dua menteri lain yang menyinggung India. Mereka diskors dari jabatan masing-masing.

Hubungan India dan Maladewa belakangan memang merenggang sejak Presiden Mohamed Muizzu memerintah wilayah kepulauan itu tahun lalu.

Presiden baru Maladewa tersebut memilih memperkuat hubungan dengan China dengan memprioritaskan Negeri Tirai Bambu daripada India. Ini berbeda dari pendekatan pemerintah Maladewa sebelum-sebelumnya.

Selain itu, Muizzu juga memicu kontroversi imbas rencana lawatannya ke China pada 8-12 Januari.

Kunjungan perdananya sebagai presiden itu dinilai sebagai upaya signifikan Muizzu untuk mempererat hubungan dengan China.(sumber: cnnindonesia.com)
 

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami