search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pohon Raksasa Tumbang Timpa Dapur Pura, Penanganan Dua Hari
Jumat, 1 Maret 2024, 16:40 WITA Follow
image

beritabali/ist/Pohon Raksasa Tumbang Timpa Dapur Pura, Penanganan Dua Hari.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Sebuah perentenan atau bangunan dapur pura ditimpa pohon berukuran raksasa saat Umanis Galungan pada Kamis (29/2/2024). Saking besarnya pohon, penanganan harus dilakukan selama dua hari.

Kejadian berawal pukul 16.10 WITA, menyebabkan perentenan atau dapur di Pura Bale Agung, Banjar Calo, Desa Pupuan, Kecamatan Tegallalang rusak parah. Bangunan tertimpa pohon ancak yang tumbang dengan diawali suara keras.

Pohon raksasa itu setinggi kurang lebih 15 meter dengan diameter 1 meter. Saat kejadian itu, tak ada korban. Namun pihak pura mengalami kerugian mencapai Rp 50 juta. 

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar Gusti Ngurah Dibya Presasta menyatakan penyebab kejadian akibat cuaca ekstrim. "Upaya yang dilakukan mengerahkan anggota TRC BPBD Gianyar beserta armada dan perlengkapan ke lokasi kejadian untuk melakukan penanganan," jelas Dibya.

Petugas melakukan pemotongan terhadap batang pohon sedikit demi sedikit. 

Lantaran pohon berukuran besar, maka penanganan dilakukan selama dua hari. "Pukul 19.00 WITA, penanganan pohon tumbang belum dapat diselesaikan dikarenakan hari sudah mulai gelap dan dilanjutkan esok hari (Jumat)," jelas dia.

Petugas dari Regu A bertugas memotong pada Jumat (1/3/2024). Petugas kembali melakukan pemotongan hingga akses di pura kembali lancar. "Pukul 12.00 WITA penanganan pohon tumbang sudah dapat diselesaikan," tutup dia. 

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami