search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Proyek Sistem Bayar Tol Tanpa Henti di Bali Jalan Terus, Didanai Hungarai
Senin, 19 Juni 2023, 09:46 WITA Follow
image

bbn/dok beritabali/Proyek Sistem Bayar Tol Tanpa Henti di Bali Jalan Terus, Didanai Hungarai.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan proyek Jalan Tol Bali Mandara akan diupayakan terus berjalan dengan investasi asing dari negara Hungaria.

Dikatakannya, Bali akan menjadi pilot project sistem bayar tol tanpa henti atau tol nirsentuh, yang dicanangkan oleh pemerintah untuk mempercepat transaksi di gerbang tol.

Sebagai informasi, sistem bayar tol tanpa henti digunakan di sejumlah negara dengan memanfaatkan teknologi global navigationa satellite System (GNSS). Suatu sistem satelit navigasi yang menyediakan posisi geospasial dalam lingkup global.

"Iya lagi kita upayakan untuk jalan terus. Ini kalau pilotnya mau di Bali dulu," kata Basuki saat ditemui usai pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) XLV tahun 2023 di Renon, Kota Denpasar, Minggu (18/6).

Dia menyebutkan, bila sukses sistem bayar tol tanpa henti di Bali akan diterapkan di seluruh tol di Indonesia.

"Rencananya semua kalau berhasil di sini, terutama di daerah metropolitan," imbuhnya.

Sementara, soal sumber pembiayaan sistem bayar tol tanpa henti tidak menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) karena proyek ini merupakan investasi asing dari negara Hungaria.

"Itu tidak ada di APBN. Itu investasi dari Hungaria," ujarnya.

Dia menyebutkan, bahwa untuk teknologi sistem bayar tol tanpa henti pihaknya mengaku belum mengetahui secara detail.

"Kalau teknologinya IT pakai satelit. Saya tidak tahu detailnya tapi yang penting dengan satelit, nirsentuh biasa," jelasnya.

Ia juga menyampaikan, bahwa keuntungan masyarakat dengan adanya sistem bayar tol tanpa henti tidak akan terjadi antrean saat memasuki tol dan lebih efesien bagi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

"(Keuntungannya) lebih cepat, jadi tidak ada antrean. Bagi BUJT-nya lebih efisien, jadi tidak ada kenaikan tarif lagi. Tarifnya tetap tapi lebih efisien," ujarnya. (sumber: merdeka.com)

Editor: Robby

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami