search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Rekomendasi 8+ Aplikasi Faktur Penjualan Terbaik untuk Usaha Bisnis
Selasa, 10 Agustus 2021, 23:00 WITA Follow
image

bbn/ilustrasi/Rekomendasi 8+ Aplikasi Faktur Penjualan Terbaik untuk Usaha Bisnis.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Aplikasi faktur penjualan merupakan aplikasi yang dibuat untuk mempermudah pembuatan faktur atau yang disebut juga sebagai surat tagihan. 

Faktur menjadi salah satu dokumen penting yang harus ada, sebagai bukti telah terjadinya transaksi antara penjual dan pembeli. Karenanya, bisa dipastikan bahwa dalam kegiatan usaha, Anda akan cukup sering membuat faktur.

Sebelum adanya kemajuan teknologi yang berdampak pada hadirnya aplikasi-aplikasi terbaru, pembuatan faktur bisa dibilang cukup rumit. Akan tetapi, semua bisa terasa lebih mudah bila Anda menggunakan aplikasi pembuat faktur penjualan. Selain kemudahan pembuatan faktur, aplikasi tersebut juga menawarkan keuntungan lainnya, seperti lebih hemat biaya operasional.

Sekilas tentang Aplikasi Faktur Penjualan

Saat ini pekerjaan di sektor keuangan sudah mulai terbantu dengan hadirnya aplikasi canggih, seperti aplikasi pembuat faktur penjualan. Kehadiran aplikasi ini tentu sangat membantu para pemilik usaha dalam membuat faktur untuk bukti transaksi ataupun tagihan. Melayani transaksi dari banyak konsumen kini jadi lebih mudah dengan adanya aplikasi faktur.

Melalui aplikasi pembuat faktur penjualan, Anda bisa membuat faktur hanya dengan mengisi item pada format yang tersedia. Tiap aplikasi faktur umumnya telah menyediakan format faktur yang nantinya diisi sesuai kebutuhan pengguna. Namun yang menjadi pembeda antar aplikasi faktur adalah kelengkapan fitur yang dimiliki.

Aplikasi atau software faktur penjualan tidak hanya mampu digunakan untuk membuat faktur, tetapi juga telah dilengkapi fitur keuangan lainnya. ketersediaan fitur bisa tergantung pada jenis aplikasi dan layanan yang dipilih. Saat ini tersedia 2 varian aplikasi faktur, yakni aplikasi faktur gratis dan berbayar. Untuk aplikasi berbayar biasanya fitur yang tersedia sangat lengkap dan masa pakainya bisa berlangsung dalam waktu lama.

Rekomendasi Aplikasi Faktur Penjualan

Aplikasi faktur penjualan yang tersedia saat ini sudah cukup beragam dan bisa diakses melalui smartphone maupun PC. Dari sekian banyak aplikasi yang tersedia, terdapat beberapa aplikasi faktur terbaik yang bisa Anda gunakan. Berikut deretan aplikasi pembuat faktur penjualan terbaik untuk smartphone maupun PC yang recommended untuk dicoba:

1. Jurnal.id

Dilansir dari halaman situsnya mengenai aplikasi faktur di https://www.jurnal.id/id/fitur/invoice-faktur/, Aplikasi faktur penjualan Jurnal.id memberikan fasilitas pembuatan faktur penjualan secara otomatis. Tidak perlu lagi ribet dalam menyusun faktur, pembayaran pun dapat semakin cepat diterima. Sehingga, cenderung efektif pula untuk bisnis Anda. Terdapat beberapa opsi template faktur penjualan yang dapat dipilih. Karena itu, dapat disesuaikan sebagaimana kebutuhan.

Lebih lanjut, akses terhadap platform Jurnal.jd pun mudah. Anda dapat menggunakan komputer atau laptop, lalu merilis faktur penjualan selaras seperti yang dikehendaki. Terdapat layanan akses gratis selama 14 hari untuk trial percobaan. Dengan begitu, Anda dapat mencoba terlebih dahulu apakah fasilitas yang diberikan sesuai sebagaimana yang dicari. Apabila memang pas senada seperti kebutuhan dan mampu mengcover kebutuhan seluruhnya, langsung saja lakukan payment untuk akses tanpa batas selanjutnya.

2. Invoice Maker & Billing App

Bersama tampilan sederhana yang mudah dipahami, aplikasi faktur penjualan Invoice Maker & Billing App dapat diandalkan untuk kebutuhan pembuatan faktur. Bisnis akan lebih terstruktur dengan menggandeng aplikasi satu ini.

Akses yang mudah melalui perangkat elektronik memungkinkan pembuatan faktur dimanapun. Kendati sedang tidak berada pada lokasi bisnis, penyusunan faktur tetap bisa dilangsungkan secara lancar.

Merujuk terhadap kondisi sedemikian rupa, akan memunculkan implikasi positif. Yakni, lebih cepatnya pembayaran dilakukan oleh debitur. Semakin cepat faktur selesai dibuat, kian cepat pula pembayaran bisa diproses. Sehingga, dapat menstabilkan finansial usaha utamanya bagian arus kas. 

3. Free Invoice Maker App

Aplikasi faktur penjualan selanjutnya, yaitu Free Invoice Maker App. Senada dengan namanya, aplikasi ini berbalut fasilitas layanan yang bersifat gratis. Anda dapat memanfaatkannya secara leluasa tanpa batas guna kepentingan pembuatan faktur penjualan. Dengan template custom yang tersedia, memungkinkan penyusunan secara cepat.

Karenanya, tidak dibutuhkan lagi waktu lama dalam menyusun faktur penjualan. Anda bisa mengalokasikan waktu untuk kegiatan lain yang juga penting bagi bisnis. Pembayaran dari faktur pun cenderung bisa diterima secara lebih cepat. Dengan begitu, arus kas akan mengarah pada kestabilan yang baik bagi perkembangan bisnis.

4. Wave

Aplikasi faktur penjualan Wave menawarkan otomasi dalam pembuatan faktur. Baik itu penyusunan secara berulang, pun dimungkinkan pembuatannya di sini. Bisa pula dilakukan pengecekan terhadap bagaimana status dari faktur penjualan itu sendiri. Dengan telah terintegrasi pada satu wadah yang komprehensif, nemungkinkan kepraktisan pembuatan faktur penjualan.

Tidak perlu lagi menghabiskan waktu menyusun faktur manual, akan jauh lebih efektif dengan memanfaatkan faktur penjualan otomatis. Melalui otomasi yang ada pada aplikasi, history pembuatan faktur pun akan terlihat. Hal tersebut menjadikan kegiatan administrasi bisnis dapat dilangsungkan secara lebih tertata.

5. Zoho Invoice

Aplikasi faktur penjualan Zoho Invoice menghadirkan template faktur penjualan custom yang untuk Anda. Adanya berbagai template itu bisa dimanfaatkan secara maksimal. 

Cukup memasukkan angka sesuai dengan instruksi perintah yang ada, nantinya faktur penjualan sudah bisa dikirimkan kepada klien. Pengguna aplikasi dapat pula menambahkan kolom baru untuk melengkapi faktur sebagaimana yang diinginkan. Sehingga, akan diperoleh faktur penjualan komprehensif guna dikirimkan kepada klien.

6. Invoice – BizXpert

Invoice - BizXpert mengandung banyak fitur layanan untuk memudahkan pengguna. Termasuk terkait pembuatan invoice beserta faktur penjualan. Tampilan aplikasi sama sekali tidak rumit. Hal itu menjadikan para user bisa mengoperasikannya secara mudah tanpa terkendala.

Cukup buka aplikasi, telah tersedia template faktur penjualan. Inputkan data sesuai yang dikehendaki dalam template yang tersedia. Setelah selesai, dapat langsing diteruskan kepada pihak klien.

Dibandingkan harus membuat faktur penjualan secara manual, pemakaian aplikasi mendorong efektivitas administrasi pada bisnis. Pembuatan faktur akan terasa lebih cepat. Data-data administrasi juga bisa dihimpun lewat satu wadah terintegrasi yang rapi. Melalui history yang ada, dapat diketahui bagaimana status dari faktur penjualan yang telah dibuat. Artinya, bisa diketahui apakah faktur pembayaran telah selesai dilunasi oleh klien atau belum.

7. Quickbooks

Kini, sudah hadir Quickbooks yang siap membawa digitalisasi faktur penjualan guna mendukung kepraktisan bisnis. Tinggal masukkan angka juga data pada template custom faktur penjualan, nantinya bisa diperoleh faktur yang valid secara mudah.
Banyak pula fitur lain pada aplikasi yang mendukung. Anda dapat memanfaatkannya secara maksimal untuk merealisasikan bisnis terstruktur.

Arus kas bisa kian tertata melalui faktur penjualan yang tercatat rapi. Mengingat sistem bersifat digital, track record faktur yang telah dibuat bisa diketahui secara komprehensif seluruhnya. Tidak akan ada yang terlewat karena semua tersusun pada satu wadah yang terintegrasi.

8. Invoicera

Invoicera adalah platform aplikasi penyedia pembuatan faktur penjualan yang mudah. Menggunakan perangkat elektronik, akses terhadapnya sangat mudah untuk dilakukan. Anda bisa mengaksesnya kapanpun tanpa terbatas ruang. Dalam artian, pembuatan faktur penjualan mungkin dilaksanakan kendati sedang tidak berada di lokasi usaha. Hal ini mendorong terciptanya efektifitas penyusunan faktur.

Meskipun sedang dalam perjalanan misalnya, faktur dan invoice tetap dibuat. Usai selesai disusun, Anda hanya perlu mengirimkannya kepada pihak klien yang bersangkutan. Setelah itu, tunggu pembayaran sesuai jatuh tempo.

Sistem digital pembuatan faktur sedemikian rupa, mengandung history pembuatan faktur serta bagaimana status dari faktur yang dibuat itu. Apakah sudah diterima klien, kemudian sudah dibayar atau justru sedang proses.

Bukan hanya soal pembuatan faktur penjualan yang mudah, tetapi aplikasi ini memberikan pula kemudahan administrasi. Siklus akuntansi bisnis dapat berjalan kian lancar melalui pengelolaan kas tertata. Yang mana penggunaan faktur digital dengan pembuatan lewat aplikasi bisa mewujudkan aspek sebagaimana yang telah disebutkan itu.

9. Freshbooks

Aplikasi faktur penjualan Freshbooks layaknya sebuah aplikasi fresh yang menyediakan layanan pembuatan faktur penjualan secara komprehensif. Di samping faktur penjualan, ada pula aneka fitur layanan yang sayang untuk dilewatkan. Pemanfaatan aplikasi ini akan mendukung perkembangan usaha lantaran faktur bisa dibuat secara lebih cepat.

10. Invoice Simple

Senada seperti nama yang melingkupinya, aplikasi faktur penjualan Invoice Simple menyediakan tampilan simple tanpa meninggalkan fungsi komprehensif. Anda dapat memanfaatkan aplikasi ini dalam penyusunan faktur penjualan sesuai keinginan.
Tersedianya template faktur, mendorong proses pembuatan yang lebih cepat sekaligus juga anti ribet. Dengan akses yang mudah pula, menjadikan Anda tidak perlu pusing mengoperasikannya. Pengiriman faktur yang telah disusun kepada klien pun sama sekali tidak sulit.

Fungsi Faktur yang Dibuat Aplikasi Faktur Penjualan

Selain menjadi bukti transaksi, faktur penjualan juga memiliki fungsi lain, seperti menjadi informasi nilai tagihan yang harus dibayar konsumen. Faktur penjualan umumnya berisi rincian data yang terdiri dari nama barang, harga, identitas perusahaan dan nama pembeli.

Dari faktur ini, konsumen bisa mengetahui rincian biaya yang harus dibayarkan setelah membeli produk atau menggunakan jasa Anda. Faktur penjualan juga bisa menjadi bukti jika dikemudian hari terjadi masalah tertentu antara penjual dan pembeli. Misalnya adanya tuduhan maupun kekeliruan tertentu. Dokumen ini tentu bisa Anda gunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Manfaat Menggunakan Aplikasi Faktur Penjualan

Manfaat utama dari penggunaan aplikasi faktur penjualan tentu adalah bisa menjadikan proses pembuatan faktur jadi lebih mudah dan cepat. akan tetapi, penggunaan aplikasi ini juga bisa memberikan manfaat lain yang tentu sangat menguntungkan bagi Anda. secara umum, keuntungan tersebut bisa dilihat dari beberapa aspek, yakni biaya, waktu, dan keamanan.

Software faktur penjualan bisa membuat pembuatan faktur jadi lebih cepat, dan hemat biaya. Faktur yang dihasilkan oleh aplikasi umumnya berbentuk digital, sehingga bisa lebih menghemat biaya operasional. Selain hemat biaya, faktur digital juga lebih mudah untuk dikirim, karena bisa terkirim secara otomatis. Dengan ini, pembuatan banyak faktur dalam satu kesempatan yang sama bisa jadi lebih mudah.

Soal keamanan, aplikasi faktur menggunakan sistem penyimpanan otomatis, sehingga data faktur jadi lebih aman dan tidak mudah hilang. Jika dibutuhkan sewaktu-waktu, maka Anda bisa mendapatkannya dengan mudah pada perangkat yang digunakan. Selain itu, aplikasi faktur ini juga memungkinkan Anda untuk memasukan identitas perusahaan seperti logo, dengan lebih mudah. Kemudahan ini dapat membuat tempat usaha maupun perusahaan jadi lebih mudah dikenal masyarakat.

Kini keputusan pemilihan dan penggunaan software faktur penjualan sudah ada di tangan Anda. Pilihlah aplikasi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan bisnis, serta sesuaikan dengan dana yang telah disiapkan. Permudah pembuatan faktur penjualan dengan software faktur penjualan.

Reporter: bbn/adv



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami