search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Sambut Galungan, Desa Adat Guwang Bagikan 14 Ton Beras ke Krama
Kamis, 27 Juli 2023, 15:20 WITA Follow
image

beritabali/ist/Sambut Galungan, Desa Adat Guwang Bagikan 14 Ton Beras ke Krama.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Guna membantu warga dalam menyambut hari raya Galungan dan Kuningan 2023, Desa Adat Guwang membagikan lebih dari 14 ton beras kepada warga desa adat. Penyaluran dilakukan langsung kepada Krama Desa bertempat di masing-masing banjar di Desa Adat Guwang pada Kamis (27/7/2023).

Bendesa Adat Desa Guwang, I Ketut Karben Wardana menjelaskan upaya ini diambil dalam rangka menjaga dan meningkatkan kesejahteraan Krama Desa Adat Guwang yang dalam kurun waktu 6 bulan Bali sangat dipenuhi juga oleh aktivitas adat. 

“Kami memahami masyarakat di Desa Guwang banyak yang masih belum pulih benar perekonomiannya, yang kami beri juga tidak seberapa, namun ini bentuk kepedulian Desa Adat kepada kramanya,” ujar Karben Wardana.

Lebih dari 14 ton beras disalurkan kepada 1.378 krama yang mipil di Desa Adat Guwang, dengan masing-masing keluarga juga mendapatkan 10 kilogram beras dan 1 liter minyak goreng. 

Sebanyak 1.378 krama mipil tersebar di 7 banjar adat yakni Banjar Sakih 266 KK, Banjar Wangbung 186 KK, Banjar Tegal 89 KK, Banjar Manikan 220 KK, Banjar Dangin Jalan 194 KK, Banjar Tatag 64 KK dan Banjar Buluh 359 KK.

Ketut Karben juga menyatakan bahwa sumber dana penyaluran bantuan ini berasal dari Penyisihan Laba LPD dan Hasil Usaha BUPDA “Amertha Prakerthi” Desa Adat Guwang

Ia juga menambahkan bantuan berupa beras dan minyak ini juga merupakan simbol penganugerahan “Ida Sang Hyang Widhi Wasa” Tuhan Yang Maha Esa kepada warga desa adat. 

“Sebelum dibagikan, beras dan minyak goreng ini dimohonkan anugerah Ida Sang Hyang Widhi Wasa” di Pura Kahyangan Tiga dan Ratu Tabeng di Desa Adat di Guwang,” kata I Ketut Karben Wardana.

Warga yang menerima beras merasa sangat bersyukur. “Kami sangat bersyukur atas bantuan dari Desa Adat, karena bantuan ini penganugerahan Ida Sesuhunan ring Jagat Guwang, semoga tetap dilanjutkan untuk kesejahteraan krama,” ujar Wayan Balik Widiantara, warga Banjar Dangin Jalan.

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami